Keuntungan ASI Eksklusif Bagi Ibu Juga Bayi

ASI eksklusif merupakan salah satu anugerah yang telah diberikan kepada setiap ibu dari Yang Maha Kuasa yang memiliki keajaiban yang berlimpah. Penting untuk di ketahui, bahwa di dalam Air Susu Ibu atau ASI eksklusif terdapat manfaat yang baik bagi ibu ataupun bagi si kecil.

ASI memiliki kandungan kombinasi nutrisi yang sangat sempurna bagi si kecil, dimana hampir 100 jenis nutrisi yang ada did alam kandungan ASI. Dan nutrisi tersebut dengan sendirinya akan berubah, sesuai dengan kebutuhan si kecil. Maka dari itu, manfaat ASI sangat dibutuhkan oleh tubuh si kecil.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat atau keajaiban ASI bagi bayi yang harus di ketahui oleh bunda, yaitu sebagai berikut:

  1. ASI memiliki kandungan antibiotik dalam jumlah yang cukup besar, antibiotik ini berasal dari tubuh ibu. Antibodi ini mampu membantu si kecil untuk tetap tahan terhadap penyakit yang menyerangnya, bukan hanya itu, antibodi ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.
  2. Hormon yang ada di dalam ASI mampu menciptakan rasa kantuk juga rasa nyaman bagi si kecil. Dan hal ini mampu membantu menenangkan kolik atau ci kecil yang tengah tumbuh gigi, dan ini juga bisa membantu si kecil tertidur setelah ia makan.
  3. ASI juga mampu membantu perkembangan otak si kecil. Bayi yang diberikan ASI eksklusif rata-rata memiliki IQ sebanyak 6 poin lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak atau bayi yang hanya diberikan susu formula saja.
  4. Jika di lihat secara psikologis, proses menyusui juga mampu meningkatkan ikatan batin antara ibu dengan si kecil.

Manfaat menyusui juga bukan hanya akan di dapatkan oleh si kecil, namun manfaat memberikan ASI eksklusif juga bisa di dapatkan oleh ibu.

  1. Menyusui merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menurunkan berat badan. Karena menyusui mampu membakar kalori sebanyak 200-250 setiap harinya.
  2. Menyusui itu merupakan suatu hal yang tidak harus mengeluarkan uang, atau dalam artian lain geratis. Dan biaya untuk membeli susu formula setiap minggunya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.
  3. ASI selalu tersedia kapanpun si kecil membutuhkannya. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencampurkan susu formula atau bahkanmenunggu untuk menghangatkannya, sementara itu si kecil sudah menjerit karena kelaparan bahkan tidak bisa ditenangkan.
  4. ASI juga merupakan salah satu metode kontrasepsi yang sangat alami.
  5. Adanya proses pelepasan hormon oksitosin selama menyusui mampu meningkatkan perasaan tenang, nyaman, serta rasa cinta untuk si kecil.
  6. Bukan hanya itu, menyusui juga sangat bagus untuk kesehatan Anda. Karena menyusui mampu membantu uterus untuk kembali ke ukuran yang normal jauh lebih cepat serta mampu mencegah terjadinya mendarahan.

Related Posts

Share This