Keunggulan Kandungan Gizi Pada Tempe Dibandingkan Dengan Tahu

Tempe merupakan salah satu produk olahan yang berbahan dasar kacang kedelai. Lauk makan yang satu ini kadang banyak yang menganggap sepele dan masuk dalam kategori makanan kelas bawah. Namun perlu Anda ketahui bahwa kandungan gizi pada tempe sangat tinggi dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Tempe dan tahu memang sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Hanya saja banyak orang yang tidak mengetahui manfaat makanan yang satu ini. Tempe dan tahu memiliki rasa yang lezat dan bahkan harganya pun sangat terjangkau. Bahkan makanan tersebut termasuk dalam kategori yang memiliki kandungan gizi serta protein yang sangat baik.

Tempe dan tahu adalah sumber protein nabati yang murah meriah. Meskipun keduanya terbuat dari kacang kedelai, namun ternyata menurut sebuah riset menemukan bahwa tempe memiliki keunggulan dibandingkan dengan tahu. Mengapa bisa demikian?

Walaupun tahu dan tempe menggunakan bahan yang sama yaitu kacang kedelai, akan tetapi dalam proses pengolahannya memiliki perbedaan sehingga hal ini yang membedakan kandungan nutrisi dan gizi dari keduanya. Pada umumnya tahu dibuat dari sari kedelai yang telah dihancurkan untuk kemudian di endapkan. Sedangkan untuk tempe sendiri diolah dengan cara yang lebih simple yaitu melalui proses fermentasi menggunakan ragi khusus.

Pada dasarnya pengolahan tempe tidak menyebabkan banyak zat gizi terbuang sebab kedelai tersebut tidak dihancurkan seperti halnya membuat tahu. Nah, dengan begitu maka kandungan gizinya terbilang masih utuh. Perbedaan cara mengolah inilah yang menentukan kualitas dan kandungan nutrisi dari tahu dan tempe.

Nah, setelah mengetahui perbedaan keduanya tentunya kita masih berpikir manakah yang lebih baik? Tahu atau tempe? Sebelum lebih jauh maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu kandungan dari kedelai. Biji kedelai pada umumnya mengandung senyawa antinutrisi yang bisa menghambat penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Diantaranya senyawa antinutrisi tersebut yaitu saponin, asam fitat, fitoestrogen, sayotoksin dan inhibitor tripsin.

Proses pengolahan tempe yang menggunakan teknik fermentasi akan mampu menghancurkan senyawa antinutrisi tersebut. Maka dari itu, tempe memiliki keunggulan satu tingkat dibandingkan dengan tahu. Hal ini lebih pada proses pengolahan dari kedua makanan tersebut. Meskipun demikian, bukan berarti tahu tidak baik. Hanya saja tempe memiliki satu tingkat keunggulan dibandingkan dengan tahu.

Kandungan asam fitat pada kacang kedelai tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan dan bisa mempengaruhi proses pencernaan. Hanya saja proses pengolahan dari kedelai tersebut bisa meminimalisir kandungan asam fitat. Oleh karena itu, fermentasi dalam pembuatan tempe lebih kurang bisa mengurangi kandungan asam fitat jika dibandingkan dengan proses pengolahan tahu. Dalam hal ini Anda tidak perlu bingung untuk memilih yang mana. Keduanya sama-sama memiliki kandungan gizi. Hanya saja ada yang lebih unggul yaitu tempe. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517