Ketahuilah Gejala Cacingan Pada Anak yang Terkadang Tidak Kita Sadari

Bunda, sebagai orangtua yang baik bunda harus benar-benar memperhatikan kesehatan anak, jangan sampai si kecil terserang penyakit cacingan karena kelalayan bunda dalam memperhatikannya. Satu hal yang harus diketahui, bahwa gejala penyakit cacingan bukanlah satu hal yang sepele. Dan sangat di sayangkan, banyak diantaranya masyarakat yang beranggapan kalau cacingan ini merupakan satu hal yang sepele, padahal kenyataannya penyakit cacingan ini bisa menurunkan tingkat kesehatan si kecil.

Ada beberapa di antaranya gejala penyakit cacingan pada anak yang sangat sulit untuk dideteksi, dan salah satunya yaitu jika jumlah cacing yang bersarang di dalam tubuh masih ada dalam jumlah yang sedikit. Lantas, bagaimana cara masuknya cacing ke dalam tubuh anak? Cara masuknya cacing ke dalam tubuh si kecil sangatlah beraneka ragam. Untuk cacing gelang, cacing yang bersarang di dalam tubuh dengan jumlah telur infektif 100.000-200.000 setiap harinya akan masuk kedalam tubuh melalui makana yang dikonsumsi. Namun lain halnya dengan cacing cambuk, jenis cacing ini memiliki jumlah telur yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan cacing gelang, yaitu sekitar 3000-5000, dan untuk cara masuk kedalam tubuh, cacing ini masuk melalui makanan atau bahkan melalui kulit

Berkembangnya gejala cacingan pada anak akan dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya karena faktor suhu, kebersihan tubuh, iklim, sanitasi lingkungan sekitar, sosial ekonomi sampai kepadatan penduduk.

Nah, di bawah ini ada beberapa poin penting yang harus di pahami dan diketahui oleh bunda terkait gejala cacingan yang kerap terjadi pada anak, yaitu sebagai berikut:

  1. Lesu dan lemas

Perasaan lesu juga lemas biasanya disebabkan oleh kurangnya darah atau disebut dengan anemia. Hal ini akan terjadi ketika cacing yang ada di dalam tubuh terus berkembang biak serta memerlukan nutrisi yang banyak, sehingga mereka akan mengambil nutrisi yang dibutuhkannya dengan cara menghisap darah.

  1. Nyeri di perut

Cacing yang ada di dalam tubuh anak juga bisa menimbulkan rasa sakit di bagian perut. Bahkan banyak diantaranya kasus yang terjadi dimana cacing terus berkembang di dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan diare pada anak.

  1. Berat badan rendah karena kekurangan gizi

Berat badan si kecil terus menurun, dan itu merupakan salah satu terjadinya cacingan pada anak, dan kesehatan anak mulai terganggu. Hal ini terjadi karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh si kecil yang seharusnya diserap oleh tubuh malah menjadi makanan cacing.

  1. Batuk

Untuk penyembuhan penyakit ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, bahkan banyak juga diantaranya anak-anak yang menderita masalah kesehatan ini tidak kunjung sembuh. Maka dari itu, Anda sebagai orangtua harus lebih cekatan lagi dalam memperhatikan kesehatan anak, apalagi ketika anak masih berada di masa-masa perkembangan, karena di usia ini anak sangat rentan terkena penyakit.

Itulah beberapa gejala yang kerap di alami ketika si kecil menderita penyakit cacingan. Segera bawa si kecil ke dokter agar si kecil mendapatkan penanganan yang lebih serius. Agar hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi pada si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517