Ketahuilah Fase Perkembangan Bayi 20 Minggu Didalam Kandungan

Perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan usia 20 minggu mungkin tengah memasuki tajapan perkembangan janin yang sangat pesat. Di usia kehamilan yang memasuki trimester kedua, umumnya janin yang ada di dalam kandungan memang akan jauh lebih cepat berkembang jika di bandingkan dengan usia kehamilan pada trimester pertama. Naha, bagi Anda yang tengah mengandung, maka Anda sangat dianjurkan untuk mengetahui ciri atau bahkan fase dimana janin yang ada di dalam kandungan Anda berkembang setiap minggunya.

Di tahap perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan, ketika usia kehamilan memasuki minggu ke-15-16, atau di usia 4 bulan, biasanya janin akan semakin aktif, hal ini ditandai dengan adanya tendangan atau bahkan pergerakan-pergerakan yang di lakukan oleh si janin. Namun di minggu-minggu tersebut, ada kalanya Anda belum siap untuk merasakan gerakan yang di lakukan oleh janin di dalam kandungan dengan jelas. Ketika itu, bayi yang masih berada di dalam kandungan akan mulai menggerakkan ibu jarinya dan memasukkannya ke dalam mulut mungilnya. Bahkan pembentukan tulang rusuk bayi akan mulai terjadi, namun masih belum sempurna. Bahkan tengkoraknya pun akan semakin kokoh serta solid. Dan barulah di minggu setelah itu, perkembangan bayi akan terjadi semakin pesat. Nah, di minggu ke-18, Anda seolah-olah mulai bisa merasakan adanya pertanda kehidupan dari janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan indera pendengaran janin akan mulai membaik. Nah, di minggu-minggu ini Anda sangat di sarankan untuk lebih sering mengajak bayi untuk berbicara.

Perkembangan bayi dalam kandungan yang berusia 20 minggu atau bahkan sekitar 5 bulan, ukuran panjang bayi mulai bertambah. Umumnya di usia kandungan trimester kedua ini panjang bayi yang di dalam kandungan mencapai 20 cm. Bahkan berat tubuh bayi akan semakin bertambah, dan di minggu-minggu ini berat badan bayi bisa mencapai 300 gram.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Maag Saat Hamil Supaya Tidak Kambuh

Bukan hanyan ukuran juga berat badannya saja yang bertambah, namun di usia kehamilan 20 minggu bayi yang ada di dalam kandungan juga mulai memiliki kemampuan menelan. Maksud dalam menelan disini yaitu menelan air ketuban secara tidak sengaja, dan jika hal tersebut terjadi dalam jumlah yang banyak, maka bayi yang ada di dalam kandungan bisa mengalami segukan. Di usia ini, sejumlah syaraf otak si kecil juga mulai tersambung dengan telinga, sehingga indera pendengaran si bayi mulai semakin peka. Dan akan semakin banyak lagi gerakan yang bisa Anda rasakan di tiap minggunya, bahkan Anda mulai bisa merasakan detak jantung si bayi yang masih berada did alam kandungan.

Selain itu, di usia kandungan yang memasuki minggu 20, bayi yang berada di dalam kandungan mulai tumbuh dengan baik, dan keadaan kulitnya mulai lebih tebal, sehingga proses transparasinya sudah mulai berkurang. Bahkan di bagian kepala janin sudah mulai tumbuh rambut dengan baik, serta tumbuhnya alis di bagian atas mata si janin. Selain itu, sumsum tulang belakang janin yang ada di dalam kandungan juga mulai menunjukkan pembentukan atau dalam kata lain mulai memproduksi sejumlah sel darah dan mulai bisa mencerna gula yang berasal dari cairan antibiotic ibu.

Nah, itulah perkembangan janin atau bahkan bayi yang ada di dalam kandungan yang sebaiknya Anda ketahui. Proses perkembangan janin yang ada di dalam kandungan yang masih berusia 20 minggu bisa terbilang tumbuh dengan peast, bahkan bayi akan mengalami banyak perubahan. Akan tetapi bukan hanya itu, Anda juga harus mengetahui, bahwa Anda juga pastinya akan mengalami beberapa perubahan juga perkembangan di usia kehamilan 20 minggu ini, baik perubahan secara fisik ataupun perubahan secara mental.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517