Ketahuilah 5 penyebab Diare Pada Ibu Hamil Di Awal Kehamilannya

Ada beberapa diantaranya para wanita hamil yang akan mengalami diare pada ibu hamil di awal kehamilannya. Dan hal tersebut sangat umum dan wajar terjadi, karena sebagai salah satu akibat dari proses lonjakan hormon.

Selain lonjakan hormon, apa penyebab diare yang lainnya yang terjadi di awal kehamilan? Di bawah ini ada beberapa penyebab diare pada ibu hamil yang terjadi di awal kehamilan, yaitu sebagai berikut:

  1. Perubahan pola makan

Selama Anda menjalankan masa kehamilan, mungkin Anda akan mengalami perubahan pola makan. Dan perubahan pola makan tersebut juga pastinya bisa menyebabkan diare, terutama ketika sistem Anda belum siap untuk menerima perubahan yang terjadi tersebut.

  1. Perubahan hormon

Salah stau penyebab terjadinya diare pada ibu hamil yaitu adanya perubahan hormonal di awal kehamilan. Setelah tubuh Anda mulai terbiasa dengan perubahan tersebut, maka mungkin saja hal tersbeut akan menjadi normal kembali.

  1. Alergi makanan

Alergi terhadap sesuatu makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya diare di awal kehamilan Anda. Terutama di awal kehamilan dan kehamilan Anda yang pertama, karena alergi terhadap makanan merupakan hal umum yang sering terjadi.

  1. Keracunan makanan

Diare juga bisa terjadi pada ibu hamil ketika ibu hamil tersebut mengkonsumsi sejumlah zat makanan yang telah terkontiminasi. Ketika hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter, agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang serius.

  1. Infeksi virus

Kehamilan yang Anda dapatkan juga bisa membuat keadaan tubuh Anda rentan terhadap beberapa serangan penyakit, terutama terinfeksi virus. Jika Anda terinfeksi, mungkin saja diare menjadi salah stau efek samping yang pastinya akan Anda rasakan.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan diare di awal kehamilan Anda. Bukan hanya pola hidup sehat yang harus Anda jaga, namun asupan makan juga harus Anda perhatikan dengan baik agar janin yang ada di dalam kandungan Anda bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik.

Nah, ketika Anda mengalami diare, maka segeralah Anda mencari cara untuk mengatasi diare pada ibu hamil. Karena ketika diare yang Anda alami tidak segera di atasi, maka bisa memberikan pengaruh buruk terhadap janin dalam kandungan Anda, bahkan kesehatan Anda juga bbisa terganggu.

Satu hal yang harus Anda ingat, ketika Anda mengalami diare, Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis obat apapun yang bisa meredakan diaren Anda tanpa adanya resep dari dokter, karena jika Anda melakukan hal tersebut, bisa berakibat buruk pada kesehatan Anda juga janin dalam kandungan.

Maka dari itu, untuk mengatasi diare yang Anda alami, maka Anda bisa segera mengkonsultasikannya kepada dokter guna mendapatkan penanganan.

Related Posts

Share This