Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Yang Sering Sakit

Faktor utama yang menyebabkan seorang anak mudah terserang penyakit adalah daya tahan tubuh anak yang belum optimal. Selain itu, faktor kebersihan lingkungan dan asupan makanan juga ikut mempengaruhi kesehatan anak. Kondisi anak yang sering sakit tentunya akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya. Apabila hal ini tidak segera di tangani maka akan berbahaya pada tumbuh kembang anak.

Sakit yang di alami anak-anak bisa dikategorikan sebagai hal yang wajar apabila kondisi penyakit tersebut ringan dan tidak sering terjadi. Sakit pada anak-anak dianggap wajar ketika dalam rentan waktu satu tahun seorang anak maksimal hanya mengalami tujuh sampai delapan kali sakit. Selain itu, sakit yang diderita bersifat ringan dengan durasi yang sebentar. Keadaan yang perlu dikhawatirkan adalah ketika seorang anak mengalami sakit yang sering dan berulang. Maka hal ini tidak boleh dibiarkan dan harus segera mendapat penanganan.

Cara Mengatasi Anak Yang Sering Sakit

Penyebab Seorang Anak Sering Sakit

  • Gangguan pada sistem imun. Salah satu yang menjadi penyebab seorang anak sering mengalami sakit yang berulang adalah adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuhnya. Sistem imun anak yang rendah akan mengakibatkan mereka mudah terkena infeksi virus dan bakteri.
  • Masalah gizi. Kurangnya asupan makanan yang mengandung gizi seimbang akan membuat sistem kekebalan tubuh anak lemah sehingga mengakibatkan anak sering sakit. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan memerlukan banyak asupan nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu perkembanganya.
  • Faktor lingkungan dan cuaca. Lingkungan yang tidak sehat sangat rentan sekali menyebabkan anak terserang penyakit. Selain itu, kondisi cuaca yang tidak menentu dan berubah-ubah juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seorang anak sering sakit.
  • Adanya infeksi kronis dan riwayat penyakit. Penyebab anak sering sakit bisa disebabkan oleh adanya infeksi kronis pada anak yang diakibatkan oleh kontak dengan orang yang memiliki penyakit menular. Selain itu, adanya riwayat penyakit pada anak juga menjadi pemicu sering sakit. Salah satu contohnya yaitu ketika anak pernah mengalami penyakit tertentu yang sewaktu-waktu bisa kambuh.

Tips Agar Anak Tidak Mudah Sakit

  • Menerapkan pola hidup sehat

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak agar tidak sering sakit adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Ajarkan kebiasaan bergerak atau olahraga kepada anak seperti bersepeda atau lari pagi. Selain itu, berikan waktu istirahat yang cukup untuk anak. istirahat yang cukup akan membuat daya tahan tubuh anak mampu melawan segala serangan virus yang akan masuk ke dalam tubuh.

  • Asupan makanan dengan gizi seimbang

Pola makan yang sehat dan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang akan membuat anak-anak terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Lengkapi menu makan anak Anda dengan menu makan 4 sehat 5 sempurna. Semakin baik asupan gizi untuk anak maka pertumbuhan dan perkembangan anak tidak akan terganggu oleh infeksi virus penyakit.

  • Memberikan imunisasi untuk anak

Imunisasi rutin untuk anak dalam setiap tahap pertumbuhannya tidak boleh terlewatkan. Pemberian imunisasi secara teratur akan menghindarkan anak Anda dari berbagai serangan virus dan bakteri. Manfaat dari pemberian imunisasi adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh anak.

  • Menjaga kesehatan pencernaan anak

Kesehatan pencernaan anak sangat penting sebab apabila sistem pencernaan berjalan lancar dan tidak ada gangguan maka semua sistem tubuh lainnya juga akan sehat. Hal ini di karenakan sebagian sistem kekebalan tubuh diproduksi di dalam sistem pencernaan.

  • Memberikan makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh seperti buah-buahan. Salah satu buah yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak yaitu stroberi. Kandungan bioflavonoids di dalam stroberi berguna untuk mengatur pertumbuhan sel di dalam tubuh. Selain itu, buah kiwi juga sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin E dan vitamin C yang berperan sebagai atioksidan di dalam tubuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517