Ketahui Manfaat Kentang Untuk Bayi

Manfaat kentang seringkali dilupakan oleh banyak orang. Padahal sebenarnya makanan yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Kentang seringkali dikonsumsi sebagai pengganti nasi sebab mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Selain dikonsumsi oleh orang dewasa, kentang bisa menjadi salah satu pilihan untuk menu makanan bayi. Kentang memiliki tekstur lembut sehingga akan lebih mudah untuk dicerna.

Kentang sangat mudah diperoleh dan penyajiannya sangat gampang. Untuk bayi, kentang bisa disajikan dalam bentuk bubur atau puree. Selain itu kentang juga cukup direbus kemudian dihaluskan dan diberikan untuk si kecil. Teksturnya yang lembut dan kaya nutrisi menjadikan kentang sangat efektif sebagai makanan pengganti nasi untuk si kecil dalam masa MPASI.

Kandungan nutrisi pada kentang sangat banyak sehingga menjadikan makanan yang satu ini bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Lalu apa saja manfaat kentang untuk bayi? Berikut ini penjelasannya!

Meningkatkan Sistem Imun Bayi

Kentang bisa Bunda berikan untuk si kecil sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) setelah si kecil berusia 6 bulan keatas. Selain mengandung serat, kentang juga Kaya akan kandungan beta karoten, zat besi, posfor, vitamin B kompleks, vitamin C serta antioksidan. Nutrisi tersebut sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun si kecil sehingga terhindar dari risiko penyakit. Disamping itu, kandungan vitamin B6 pada kentang berguna untuk menjaga sistem saraf bayi.

Menjaga Kesehatan Pencernaan Bayi

Kandungan serat pada kentang sangat tinggi sehingga makanan yang satu ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi. Dengan menyajikan menu makanan dengan bahan dasar kentang maka si kecil akan terhindar dari risiko gangguan pencernaan.

Sumber Energi Sehat

Kentang termasuk jenis makanan yang tinggi kalori namun rendah lemak. Makanan ini menjadi salah satu sumber energy untuk si kecil dalam menunjang tumbuh kembangnya dalam setiap tahap pertumbuhannya.

Menjaga Tekanan Darah

Kandungan mikronutrien seperti potassium pada kentang sangat berguna untuk menjaga kesehatan sirkulasi dan juga tekanan darah bayi supaya tetap stabil. Dengan begitu maka sirkulasi darah yang menuju ke otak dan jantung akan lancar. Hal ini tentunya berguna untuk menunjang seluruh kinerja dari organ tubuh bayi.

Demikian beberapa manfaat kentang untuk kesehatan dan juga tumbuh kembang si kecil. Untuk mendapatkan manfaat secara utuh maka perhatikan pula cara pengolahan dan juga penyajian dari makanan ini. Gunakan metode memasak yang benar sehingga kandungan nutrisi pada kentang tidak rusak.

Untuk menjaga nutrisinya, kentang bisa di kukus atau dipanggang. Dengan begitu kandungan nutrisi pada kentang akan terjaga dengan sangat baik. Jangan membiasakan memberikan makanan yang digoreng untuk anak karena hal tersebut kurang sehat. Berikan makanan yang bergizi dan sehat sehingga tumbuh kembang si kecil berjalan dengan baik.

Dalam tahap tumbuh kembangnya, bayi membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi. Periode emas perkembangan anak tidak boleh terlewatkan. Bunda harus senantias memberikan makanan yang bergizi supaya pertumbuhan fisik dan psikisnya tidak mengalami gangguan. Kekurangan nutrisi pada masa pertumbuhan sangat rentan menyebabkan berbagai risiko gangguan kesehatan.

Perhatikan menu makanan yang diberikan sehari- hari untuk si kecil. Ajarkan pola makan dan pola hidup sehat sejak dini untuk si kecil. Hal ini untuk menunjang supaya di kemudian hari nanti tumbuh menjadi pribadi yang sehat dan kuat. Selain itu kelak anak akan terbiasa untuk hidup sehat dalam kesehariannya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517