Ketahui Manfaat Kecambah Untuk Ibu Hamil

Manfaat kecambah bagi ibu hamil mungkin sebagian orang merasa ragu. Hal ini karena banyak yang beranggapan bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi kecambah atau toge. Anggapan tersebut tentunya tidak sepenuhnya benar sebab sayuran ini mengandung beragam manfaat bagi ibu hamil jika dikonsumsi dengan cara yang benar.

Kecambah merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan manfaat bagi tumbuh kembang janin dan juga kesehatan ibu hamil. Namun tentunya hal ini harus melalui pengolahan yang benar. Perhatikan kebersihan dan tingkat kematangan pada waktu memasaknya.

Sebaiknya Anda mengolah kecambah dengan cara yang benar sehingga manfaatnya bisa dirasakan tanpa adanya efek samping. Kecambah atau tauge bisa dikreasikan menjadi berbagai macam jenis masakan atau campuran menu masakan.

Pengolahan kecambah tentunya disesuaikan dengan selera masing-masing. Yang terpenting bagi ibu hamil harus memperhatikan tingkat kebersihannya supaya tidak membahayakan kesehatan janin didalam kandungan.

Berikut Beberpa Manfaat Kecambah Untuk Ibu Hamil

Menekan Resiko Keguguran

Kecambah atau tauge mengandung berbagai macam nutrisi bermanfaat. Salah satunya yaitu vitamin E yang berguna untuk mencegah resiko keguguran pada ibu hamil. Dengan kata lain jenis makanan ini menjadi salah satu penguat rahim.

Bahkan kecambah disarankan untuk dikonsumsi sebelum menjalani kehamilan. Dengan tujuan untuk memperkuat rahim dan menyiapkan kehamilan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh Ibu Hamil

Kandungan vitamin E pada kecambah bisa menjadi antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil. Dengan begitu maka ibu hamil akan terhindar dari berbagai macam risiko penyakit berbahaya. Selain itu, janin didalam kandungan juga akan senantiasa terlindungi.

Mengelola Stres Pada Ibu Hamil

Manfaat lain dari nutrisi pada kecambah yaitu untuk mengontrol stress pada ibu hamil. Kandungan vitamin E tersebut akan membuat Ibu hamil senantiasa merasa rileks.

Menjaga Kesehatan Kulit

Karena adanya kandungan vitamin E yang sangat tinggi maka akan memberikan dampak positif untuk menjaga kesehatan kulit. Biasanya ibu hamil akan mengalami berbagai masalah kulit selama menjalani masa kehamilan. Nah, dengan konsumsi kecambah secara rutin maka akan meminimalisir risiko tersebut.

Kesehatan Pencernaan

Seperti halnya jenis sayuran pada umumnya, kecambah juga kaya akan kandungan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan pada ibu hamil. Dengan konsumsi toge atau kecambah secara teratur maka akanĀ  menghindarkan dari resiko sembelit dan kesulitan buang air besar.

Pembentukan Tulang

Adanya kandungan estrogen pada kecambah sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan pada tulang sehingga terhindar dari risiko osteoporosis.

Mencegah Bayi Lahir Cacat

Ternyata kecambah juga mengandung asam folat yang berguna untuk mencegah cacat fisik dan mental pada bayi. Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting untuk kehamilan dan tumbuh kembang janin.Kekurangan asam folat akibatnya sangat fatal.

Demikian beberapa manfaat kecambah atau toge untuk kesehatan. Konsumsi sayuran selama hamil memang menjadi salah satu hal yang penting guna mencukupi semua kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil adan janin didalam kandungan.

Kecambah atau toge bisa Anda konsumsi dalamĀ  berbagai varian menu seperti di rebus dan dikukus. Dalam pengolahan kecambah sebaiknya jangan menambahkan banyak minyak atau penyedap. Alangkah lebih baiknya jika pengolahan tanpa garam dan minyak karena lebih sehat bagi kehamilan.

Konsumsi makanan sehat selama hamil sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Makanan yang bervariasi akan membantu tumbuh kembang janin dan mencegah resiko penyakit yang bisa menghambat tumbuh kembang janin. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This