Ketahui Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Pencernaan Anda!

Anda suka makan jagung? Semua orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan yang satu ini. Biasanya jagung sangat enak disantap dalam bentuk jagung bakar, jagung rebus atau bisa juga sup jagung. Selain itu, jagung juga bisa diolah menjadi berbagai camilan atau penganan yang sangat lezat. Jagung termasuk salah satu jenis bahan makanan yang sangat mudah diperoleh karena banyak petani yang membudidayakan tanaman yang satu ini. Lalu apakah Anda tahu apa mangfaat jagung untuk kesehatan tubuh?

Selain memiliki rasa yang lezat dan sebagai sumber karbohidrat, ternyata jagung juga sangat kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung pada jagung salah satunya berguna untuk menjaga dan memelihara kesehatan pencernaan. Jika dikonsumsi secara teratur maka hal ini akan memberikan dampak positif yang luar biasa untuk kesehatan tubuh terutama saluran pencernaan.

Seperti halnya biji-bijian pada umumnya, kandungan karbohidrat pada jagung terbilang sangat tinggi, namun ternyata indeks glikemik dari jagung terbilang rendah/sedang sehingga aman untuk kesehatan. Dengan begitu bagi Anda yang gemar konsumsi jagung jangan khawatir gula darah akan naik secara mendadak.

Disamping karbohidrat, kandungan lain pada jagung yaitu diantaranya lemak sekitar 5-6 % sehingga menjadikan sayuran atau makanan ini masuk kategori rendah lemak yang aman bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral pada jagung juga cukup tinggi sehingga tidak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Mikronutrien Pada Jagung dan Manfaatnya

  1. Magnesium

Nah, salah satu kandungan nutrisi pada jagung yaitu terdapat mineral yang berupa magnesium. Mineral yang satu ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dan harus terpenuhi setiap harinya. Asupan magnesium yang cukup bisa mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti kelainan atau penyakit jantung. Oleh karena itu jangan ragu untuk mengkonsumsi jagung sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi tubuh.

  1. Posforus

Kandungan posfor pada jagung terbilang cukup tinggi dan memiliki manfaat untuk proses pertumbuhan jaringan tubuh dan juga memelihara kesehatan saluran pencernaan. Konsumsi jagung secara rutin sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

  1. Kalium

Kandungan kalium pada jagung bermanfaat untuk mencegah masalah pada jantung dan mengatur tekanan darah. Maka dari itu konsumsi makanan yang mengandung kalium harus diperhatikan supaya memberikan manfaat yang positif untuk kesehatan tubuh.

  1. Folat

Asam folat atau vitamin B9 adalah salah satu nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk ibu hamil dalam menunjang tumbuh kembang janin.

  1. Serat

Jagung juga mengandung serat yang sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Konsumsilah jagung secara rutin dan teratur guna menjaga kesehatan pencernaan secara alami.

Demikian beberapa manfaat luar biasa jagung untuk kesehatan tubuh yaitu salah satunya untuk kesehatan pencernaan dan mencegah penyakit berbahaya. Jagung bisa dikonsumsi dalam berbagai variasi olahan tergantung kesukaan. Jagung rebus maupun jagung bakar atau sup jagung nampaknya sangat nikmat untuk disantap.

Jangan manyepelekan manfaat luar biasa yang terkandung pada jagung. Biji-bijian yang satu ini tergolong jenis makanan yang kaya akan kandungan nutrisi yang memberikan peran cukup signifikan dalam melengkapi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Mulailah konsumsi makanan yang satu ini agar tubuh Anda senantiasa dalam keadaan sehat.

Berbagai varian olahan camilan dari jagung pada zaman modern seperti saat ini nampaknya bisa dengan mudah untuk ditemui. Banyak sekali olahan kue kue atau camilan lainnya seperti dodol jagung, jagung keju dan lainnya menjadikan makanan yang ini sangat menarik lidah untuk dikonsumsi.

Makanan sehat kaya manfaat sebenarnya sangat banyak disekitar kita tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Memanfaatkan bahan-bahan sederhana menjadi olahan makanan yang lezat dan kaya nutrisi menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi sayuran memang sangat dianjurkan guna menjaga kesehatan tubuh terutama bagian pencernaan. So, tunggu apalagi, konsumsi jagung sebagai camilan sehat sehari-hari. Tidak susah untuk mendapatkan makanan yang satu ini karena banyak penjual yang menjajakan makanan yang satu ini. Bahkan untuk olahan jagung sendiri kini sudah banyak dijual. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This