Ketahui Gejala Penyakit Alzheimer Yang Tidak Disadari

Alzheimer merupakan salah satu gangguan kesehatan yang biasanya terjadi di usia lanjut. Istilah lain untuk Alzheimer yaitu pikun. Biasanya gejala penyakit Alzheimer ditandai dengan menurunnya daya ingat atau ingatan. Salah satu contohnya yaitu sering lupa dengan kejadian yang baru saja terjadi ataupun lupa menaruh barang. Bahkan terkadang penyakit ini membuat penderitanya tidak bisa mengenali orang lain.

Menurut hasil riset dari salah satu instansi kesehatan menyatakan bahwa masalah memori bukan menjadi salah satu gejala awal dari Alzheimer. Ada tanda-tanda lain yang terkadang diabaikan oleh penderitanya sehingga diketahui ketika gejalanya sudah sangat parah.

Ada beberapa pasien yang tidak mengalami penurunan memori, padahal mereka didiagnosis menderita Alzheimer. Hal ini jelas sekali membuat penderita Alzheimer kadang tidak menyadari bahwa dirinya terkena gangguan kesehatan tersebut.

Berikut Ini Ada Beberapa Gejala Penyakit Alzheimer Yang Penting Untuk Diketahui

Mengalami Masalah Dalam Berbahasa

Gajala pertama yang terkadang tanpa disadari yaitu adanya masalah dalam berbahasa. Gangguan dalam berbahasa merupakan salah satu gejala khas dari penyakit Alzheimer dari tipe PPA. Alzheimer akan mengakibatkan penderitanya mengalami penurunan dalam hal kemampuan kata-kata, memproses ucapan dan juga akan mengalami kesulitan dalam berbicara.

Pasien akan mengalami keterlambatan berbicara, penyalahgunaan kata-kata, berbicara terputus-putus dan juga kemampuan dalam penggunaan kosa kata yang semakin menurun. Senantiasa penderita Alzheimer akan lebih banyak terdiam dan berbicara sedikit tidak sesuai.

Memiliki Rasa Percaya Diri Yang Tinggi

Pasien Alzheimer tingkat PPA akan mengalami rasa percaya diri yang tinggi. Yang awalnya pribadi pasien seorang yang pemalu, namun akibat terkena penyakit ini maka pasien secara tiba-tiba akan menjadi sangat percaya diri. Bahkan akan bersikap sangat akrab dengan orang-orang yang tidak dikenalnya. Gejala ini mungkin selintas hanya hal yang normal namun hal ini bagian dari gejala yang perlu diwaspadai.

Sulit Membaca

Pasien Alzheimer akan merasa kesulitan untuk membaca dan mengenali kata per kata. Bukan karena penglihatan yang sudah tidak jelas dan tidak jernih, namun akibat dari pengaruh Alzheimer itu sendiri. Bahkan penderita Alzheimer ini sangat kesulitan dalam memahami dan mencerna kata-kata dan sebuah bacaan. Pada dasarnya kesulitan mengerti maksuda dari apa yang di abaca.

Sulit Menulis

Disamping kesulitan dalam membaca, penderita Alzheimer juga akan mengalami kesulitan dalam hal menulis. Bahkan mereka akan kesulitan untuk hanya sekedar menulis tanda tangan. Seakan mereka lupa dengan tulisan yang seharusnya mereka tulis. Mungkin gejala ini seringkali dianggap hal yang wajar namun sebenarnya ini tidak boleh dibiarkan.

Pada dasarnya Alzheimer diakibatkan oleh adanya penumpukan plak amyloid pada otak. Kondisi penderita Alzheimer sangat tergantung bagaimana dia terkena plak tersebut dan pada bagian otak mana terkenanya. Penanganan serius terhadap pasien Alzheimer memang sangat penting guna  menghindari gejala yang lebih parah dan mengakibatkan seseorang benar-benar kehilangan ingatan.

Dengan penanganan yang tepat dari ahli kesehatan yang terpercaya maka secara perlahan mungkin akan bisa membuat penderita Alzheimer membaik. Meskipun pada kenyataannya gangguan kesehatan ini sangat sulit untuk ditangani hingga kondisinya normal lagi.

Setidaknya penanganan yang tepat akan membantu meringankan gejala Alzheimer. Memberi motivasi bagi penderita Alzheimer bisa menjadi salah satu terapi alami untuk membangkitkan semangatnya. Jangan membiarkan pasien Alzheimer begitu saja sebab akan membuat kondisi mentalnya semakin memburuk. Berikan dukungan positif untuk tetap semangat dan setidaknya masih bisa mengenali sebagian orang terdekatnya.

Related Posts

Share This