Ketahui Faktor  Penyebab Bayi Cacat

Kehamilan merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi suami isteri yang mendambakan hadirnya buah hati untuk melengkapi keceriaan dalam rumah tangga. Setiap orangtua tentunya menginginkan seorang bayi yang lahir dalam keadaan sehat tanpa kecacatan. Oleh karena itu menjaga dan memberikan perhatian lebih terhadap kehamilan harus senantiasa dilakukan guna menunjang tumbuh kembang janin secara optimal. Selain itu, ibu hamil juga harus mengetahui faktor resiko penyebab bayi cacat sehingga bisa menghindarinya.

Banyak hal yang bisa menyebabkan bayi cacat, diantaranya yaitu faktor genetic, makanan, gaya hidup dan lain sebagainya. Jika Anda mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan selama menjalani kehamilan, maka hal ini bukan tidak mungkin jika janin yang sedang Anda kandung bisa mengalami kecacatan. Lalu apa saja faktor penyebab bayi lahir cacat?

Berikut Beberapa Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat

  1. Paparan Asap Rokok

Pada saat ini nampaknya rokok sudah menjadi gaya hidup banyak orang di semua kalangan. Bahkan banyak juga wanita yang memiliki kebiasaan merokok. Seperti yang kita ketahui bahwa rokok mengandung zat berbahaya oyaitu nikotin. Ibu hamil yang sering terkena paparan asap rokok beresiko melahirkan bayi cacat. Selain itu, zat berbahaya pada rokok akan mempengaruhi IQ anak. Bahkan bayi yang terlahir dari orangtua perokok cenderung memiliki IQ rendah dan perilaku yang tidak baik. Maka dari itu, sewaktu Anda hamil sebaiknya menghindari lingkungan perokok.

  1. Kebiasaan Mengkonsumsi Terlalu Banyak Kafein

Kafein yang terdapat pada kopi atau teh secara tidak langsung bisa membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan jika dikonsumsi secara berlebihan. Dampak buruk bagi janin yaitu akan memiliki IQ rendah dan menjadi anak yang hiperaktif.

  1. Konsumsi Junkfood

Konsumsi makanan siap saji sudah menjadi gaya hidup banyak orang karena dinilai lebih praktis dan memiliki rasa yang enak. Hidangan junkfood membuat banyak orang tergiur untuk mencobanya. Akan tetapi tahukah Anda jika kebiasaan mengkonsumsi junkfood pada waktu hamil bisa membahayakan perkembangan janin. Kandungan lemak dan zat adiktif pada makanan siap saji akan membuat anak memiliki IQ rendah dan hiperaktif.

  1. Alkohol

Setiap jenis minuman yang mengandung alkohol sangat berbahaya kbagi ibu hamil. Jika minuman tersebut dikonsumsi pada waktu hamil maka sangat beresiko menyebabkan bayi cacat dan kerusakan otak. Bahkan perkembangan janin bisa terganggu sehingga tidak berlangsung secara optimal.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab kecacatan pada janin yang harus Anda jauhi supaya perkembangan janin tidak terganggu. Ada baiknya jika Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang guna mendukung perkembangan bayi secara optimal. Perbanyaklah makanan yang mengandung asam folat dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan selama menjalani masa kehamilan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517