Ketahui 4 Faktor Utama yang Menyebabkan Susah Buang Air Besar Saat Hamil

Terkadang ibu hamil akan mengalami susah buang air besar saat hamil. Dan umumnya gejala ini akan semakin parah ketika kehamilan mulai memasuki bulan terakhir. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya agar Anda bisa menghindarinya.

Susah buang air besar ini juga merupakan salah satu keluhan saat hamil. Bagi sebagian besar ibu hamil, susah buang air besar merupakan salah satu gejala yang kerap kali di alami semasa kehamilan.

Gejala susah buang air besar saat hamil muda umumnya akan terjadi sepanjang masa kehamilan, dan biasanya akan semakin terasa ketika mendekati proses persalinan. Mengapa? Hal ini dikarenakan keadaan atau posisi kepala janin yang ada di dalam kandungan mulai menurun serta akan menimbulkan tekanan ke bagian anus. Oleh Karena itu, seorang ibu hamil penting untuk mengetahui faktor umum yang memang bisa menyebabkan sembelit, yaitu sebagai berikut:

  1. Peningkatan hormon

Ketika Anda mendapatkan kehamilan, keadaan tubuh Anda pastinya akan mengalami peningkatan hormon progesterone, dan hal ini menyebabkan adanya penurunan gerakan peristaltik pada saluran pencernaan. Dan akibatnya, pergerakan makanan di dalam usu akan semakin melambat dan membuat keadaan perut Anda cepat terasa penuh dan kembung.

  1. Pengaruh Pola Makan

Terkadang tanpa kita sadari, ibu hamil lebih cenderung memiliki pola makan yang tidaklah baik. Jika pola makan ibu hamil tidak baik, maka susah buang air besar saat hamil tidak bisa ANda kelakkan lagi. Oleh karena itu, maka sebaiknya ketika Anda menjalankan masa kehamilan, Anda harus lebih memperbanyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat dan bisa mengatur pola makan Anda yang seimbang dan tidak sembarangan.

  1. Kurang Mengonsumsi Air Putih
Baca Juga:  6 Jenis Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Aman

Bukan hanya masalah pola makan, ibu hamil juga lebih cenderung memiliki perasaan malas untuk minum air putih, apalagi dalam kondisi perut yang mudah merasa kembung karena adanya penurunan gerakan plasenta di dalam tubuh. Maka oleh karena itu, sebaiknya selama kehamilan Anda harus bisa banyak mengkonsumsi air putih.

  1. Penyakit Wasir atau Faktor Lain

Wasir juga bisa menjadi salah satu pemicu yang kuat terjadinya susah buang air besar saat hamil. Wasir yang di alami oleh ibu hamil pada awalnya bisa terjadi karena adanya relaksasi otot-otot yang polos di bagian pembuluh darah yang di akibatkan karena adanya peningkatan prodesteron dalam tubuh. Wasir akan dirasakan semakin berat ketika ibu hamil mengejan dengan sangat kuat ketika buang air besar, dan itu akan membuat keadaan wasir semakin parah bahkan akan terasa sangat nyeri.

Nah, itulah beberapa faktor utama yang menyebabkan susah buang air besar saat hamil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517