Kesehatan Perkembangan Janin di Kehamilan 17 Minggu

Ketika menginjak kehamilan 17 minggu sebenarnya apa yang terjadi dan bagaimana perkembangan janin di dalam kandungan? Pada kehamilan 17 minggu janin memiliki berat sekitar 150 gram dan oanjangnya 23 cm. Panjang tersebut jika dikukur dalam posisi tegak, namun jika menekuk maka panjangnya sekitar 14 cm.

Selain berat dan panjang tubuh janin yang bertambah, pada usia kehamilan 17 minggu maka terjadi juga pertumbuhan saraf optic yang semaik membaik. Walaupun kelopak mata janin masih akan tertutup hingga kehamilan bulan ke-7, namun retina mata janin sudah sangat sensitif jika ada rangsangan cahaya.

Tidak hanya itu, ketika 17 minggu kehamilan maka janin sudah memiliki jaringan lemak yang terletak dibagian bawah kulit janin. Nah, lemak tersebut digunakan sebagai sumber nutrisi tambahan  untuk menjaga suhu tubuh ketika nantinya lahir.

Pada usia kehamilan 17 minggu maka terjadi pertumbuhan tulang rawan menjadi tulang yang mulai padat dan kuat. Kemudian plasenta janin juga mulai berkembang menebal dan semakin kuat. Nah, mengingat perkembangan tersebut maka Anda harus semakin memperhatikan asupan nutrisi untuk membantu mengoptimalkannya.

Perhatikan Kebutuhan Nutrisi Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Kebutuhan cairan juga akan meningkat sehingga perlu diperhatikan asupan cairan dengan mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas setiap harinya. Disamping itu, untuk mencukupi kebutuhan cairan maka Anda bisa mengkonsumsi jus buah atau buah-buahan utuh seperti jeruk, apel dan sebagainya.

Di usia 17 minggu juga Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging sapi, kuning telur, daging ayam, bayam dan buah kering. Zat besi diperlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Selain itu, asupan vitamin C juga perlu diperhatikan untuk membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah dan meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil serta janin di dalam kandungan. Sumber vitamin C bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.

Nutrisi yang tak kalah pentingnya untuk dikonsumsi pada 17 minggu kehamilan yaitu asam folat. Nutrisi yang satu ini berperan penting dalam mengoptimalkan perkembagan sistem saraf sehingga mencegah cacat lahir pada janin.

Memastikan kecukupan nutrisi memang sangat penting untuk perkembangan janin, namun Anda juga harus mengetahui jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada usia kehamilan tersebut. Ibu hamil sebaiknya menjauhi makanan cepat saji atau junikfood.

Makanan cepat saji cenderung mengandung lemak tinggi dan rendah nutrisi. Jika terlalu sering dikonsumsi pada waktu hamil maka beresiko meningkatkan kolesterol dan menyebabkan timbunan lemak didalam tubuh.

Makanan pedas dan asam juga sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan bisa memicu kelebihan asam didalam tubuh. Ibu hamil juga harus menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan terlebih lagi yang mengandung aspartame, sakarin, sorbitol dan siklamat.

Menjaga kesehatan pada waktu hamil memang menjadi salah satu hal yang penting dan wajib bagi setiap ibu hamil. Hal ini karena bagaimanapun kesehatan ibu hamil menjadi kunci kesehatan dan perkembangan  janin didalam kandungan.

Dalam upaya mencegah kelainan pada janin, lakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur dan minta saran dokter. Deteksi dini terhadap kemungkinan bahaya kehamilan tentunya akan menghindarkan gangguan terhadap perkembangan janin.

Hal oenting lainnya yang perlu diperhatikan pada kehamilan minggu 17 yaitu harus bisa mengelola stres. Hindari segala bentuk aktivitas yang bisa memicu pikiran Anda stres dan depresi karena akan mempengaruhi kesehatan janin didalam rahim.

Related Posts

Share This