Kesehatan Gigi Anak: Tips Pintar Ajarkan Gosok Gigi Sejak Dini

Kesehatan gigi anak. Menggosok gigi merupakan salah satu kebiasaan sehat yang harus dilakukan oleh setiap orang. Kebiasaan baik tersebut sebaiknya mulai ditanamkan pada anak sejak usia dini sehingga akan menjadi kebiasaan ketika sudah tumbuh dewasa. Pentingnya menjaga kesehatan gigi memang erat kaitannya dengan tumbuh kembang anak. Jika gigi dan mulut sehat maka proses pengolahan makanan akan berlangsung dengan baik sehingga penyerapan nutrisi bisa optimal.

Menggosok gigi bukanlah perkara yang sulit, justru kegiatan tersebut sangat menyenangkan. Hanya saja banyak orang yang merasa malas untuk melakukan aktivitas sehat tersebut. Mengajarkan menggosok gigi pada anak membutuhkan teknik khusus dan kesabaran yang tinggi. Anda harus lebih pandai untuk membujuk si kecil supaya mau mengikuti apa yang Anda instruksikan.

Berikut Tips Ajarkan Anak Gosok Gigi

  1. Mulai Sejak Usia Dini

Supaya lebih mudah untuk mengarahkan, mulailah sejak usia dini untuk mengajarkan kebisaan baik menggosok gigi pada anak. Anda sudah mulai bisa mengajarkan gosok gigi sejak si kecil usia balita. Ajaklah si kecil untuk membersihkan gigi menggunakan sikat gigi yang lembut. Berikan penjelsan juga pada anak tentang pentingnya menggosok gigi. Sedikit berikan ilustrasi tentang kerusakan gigi jika malas untuk membersihkannya. Dengan begitu maka secara perlahan si kecil akan memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi.

  1. Menciptakan Suasana Menyenangkan

Sebisa mungkin Anda harus menciptakan suasana yang menyengkan ketika mengajak si kecil menggosok gigi. Berikan ilustrasi dalam bentuk gambar yang menceritakan kerusakan gigi akibat kuman. Nah, dengan begitu maka si kecil akan lebih tertarik untuk mengikuti saran Anda dalam membersihkan gigi.

  1. Berikan Kesempatan Pada Anak Untuk Memilih Sendiri Sikat Gigi

Agar si kecil lebih berminat dalam menggosok gigi maka berikan kesempatan untuk memilih sendiri sikat gigi yang diinginkan. Namun dengan catatan sikat gigi tersebut khusus untuk anak. Ajaklah si kecil berbelanja perlengkapan tersebut dan biarkan memilih sendiri. Hal ini bertujuan untuk merangsang semangat si ekcil dalam menggosok gigi.

  1. Lakukan Bersama

Anda jangan hanya memberikan teori saja, namun langsung praktekan sehingga anak lebih mudah untuk menirunya. Setiap Anda akan menggosok gigi maka sebaiknya ajak si kecil untuk bersama-sama melakukannya. Nah, dengan begitu maka kegiatan mengajarkan gosok gigi pada anaka akan terasa lebih menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Ajarkan cara menggosok gigi dengan cara yang benar pada anak supaya menjadi kebiasaan.

Nah, demikian tips untuk mengajarkan gosok gigi pada anak. Untuk menjaga ksehatan gigi anak, lakukan pemriksaan ke dokter gigi secara rutin. Selain itu, jangan membiasakan si kecil untuk mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517