Kesehatan Anak: Kondisi Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Ketahui

Hai bunda! Selamat ya Anda telah berhasil menjadi ibu baru. Mungkin ketika berubah status dari ibu hamil menjadi ibu baru, banyak hal yang akan membuat Anda bingung, salah satunya yaitu kesehatan anak.

Lantas, apa saja sih masalah kesehatan bayi pada bayi yang baru lahir? Nah, di bawah ini ada beberapa kondisi atau keadaan yang wajib Anda ketahui agar anda bisa merawat si kecil dengan baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

  1. Konstipasi

Bayi yang baru lahir yang memang mendapatkan asupan ASI yang cukup umumnya tidak akan mengalami masalah konstipasi. Mengapa? Karena ASI memiliki kadar laktosa yang sangat tinggi yang memang mampu mencegah terjadinya konstipasi pada si kecil.

Namun bagi bayi yang baru lahir yang mendapatkan asupan susu formula, konstipasi atau bahkan sembelit kemungkinan besar di alami oleh si kecil. Sedangkan pada bayi yang telah berusia 6 bulan, penyebab utama terjadinya konstipasi yaitu karena si kecil mulai beradaptasi dengan MPASI yang mereka konsumsi pertama kalinya.

  1. Batuk dan Pilek

Umumnya bayi akan mengalami batuk dan pilek di usia satu tahun pertama kehidupannya. Hal ini dikarenakan lingkungan sekitar bayi yang banyak terkena virus, dan itu bisa menyebabkan batuk juga pilek terhadap si kecil. Sedangkan keadaan tubuh bayi masih belum maksimal mampu melawan virus tersebut.

  1. Ruam Popok

Ruam popok juga kerap kali menjadi satu masalah yang besar bagi bayi yang baru lahir. Ruam popok ini merupakan satu kondisi iritasi yang terjadi pada bagian tubuh bayi yang memang tertutup oleh popok, dimisalkan terjadi pada lipatan paha, bokong serta kemaluan si kecil. Ruam popok ini bisa membuat si kecil menjadi rewel dikarenakan ia merasa tidak nyaman serta mengganggu aktivitas si kecil.

  1. Diare

Ketika ia lahir ke dunia ini, salah stau jenis penyakit yang sering di alami oleh si kecil yaitu diare. Diare yang di alami oleh si kecil ini bisa terjadi karena adanya serangan bakteri, alergi terhadap susu, atau bahkan dikarenakan alat makan yang kurang bersih, padahal si kecil sudah mulai mengkonsumsi makanan padat atau MPASI pertamanya.

  1. Gumoh

Gumoh serta muntah umumnya di alami oleh bayi yang baru lahir, dan hal itu merupakan sati hal yang wajar terjadi. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua tidak perlu merasa khawatir, karena gumoh ini bisa terjadi pada bayi yang masih berusia 12-16 minggu. Dan seiring dengan bertambahnya usia si kecil, maka gumoh yang di alami si kecil agan berhenti dengan sendirinya.

  1. Sulit Menyusui

Ada beberapa diantaranya bayi yang baru lahir mengalami kesulitan dalam menyusu. Dan hal ini ternyata disebabkan oleh banyak faktor. Dimisalkan posisi serta pelekatan saat menyusui yang tidak tepat, sehingga membuat si kecil belum bisa menyusu dengan cara yang baik.

Related Posts

Share This