Kesehatan Anak: Benarkah Anak Yang Lahir Di Bulan-Bulan Ini Lebih Sehat?

Kesehatan anak. Setiap orangtua tentunya menginginkan seorang anak yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Namun terkadang adakalanya anak jatuh sakit akibat mengalami penurunan sistem imun tubuh. Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan anak seperti makanan, lingkungan dan bulan kelahiran. Benarkah jika bulan kelahiran sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak?

Bagaimana sebenarnya keterkaitan antara kesehatan dan bulan kelahiran? Menurut hasil riset menunjukan bahwa anak-anak yang lahir pada musim panas yaitu antara bulan Juni, Juli dan Agustus maka cenderung memiliki tubuh yang sehat jika dibandingkan dengan anak-anak yang lahir diluar bulan-bulan tersebut.

Dalam sebuah riset yang dilakukan Medical Research Council (MRC) Epidemology Unit di University of Cambridge menunjukan hasil bahwa anak-anak yang lahir pada bulan Juni, Juli dan Agustus memiliki kecenderungan berat badan normal, tubuh lebih tinggi dan akan mengalami masa pubertas tepat waktu sehingga akan tumbuh menjadi orang dewasa yang senantiasa sehat.

Selain itu, dalam riset lain menunjukan bahwa bayi yang sering terkena sinar matahari pagi cenderung memiliki sistem imun yang lebih baik. Hal ini karena vitamin D sangat beguna untuk pertumbuhan bayi. Terkait dengan bulan kelahiran, anak perempuan yang lahir pada bulan Juni, Juli dan Agustus akan mengalami masa pubertas yang menyenangkan dan lebih baik menjelang remaja. Bahkan tingkat kesehatan dan kesuburan akan lebih baik menjelang dewasa.

Terlepas sepenuhnya benar atau tidak hasil riset tersebut, yang jelas bulan kelahiran memberikan efek penting yang bisa memperkirakan atau mengukur kesehatan serta tumbuh kembang anak dimasa mendatang.

Hal ini juga terkait dengan program kehamilan yang terencana. Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa sebuah kehamilan yang terencana cenderung akan membuat bayi yang dilahirkan lebih sehat dan memiliki sistem imun yang baik.

Untuk menjaga kesehatan anak dan menunjang tumbuh kembangnya, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan yaitu asupan makanan yang bergizi dan kebersihan. Cara tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan sistem imun sehingga terhindar dari resiko penyakit berbahaya selama masa pertumbuhan.

Kesehatan anak menjadi fokus utama selama masa petumbuhan. Tidak bisa dipungkiri bahwa jika anak terserang penyakit maka secara tidak langsung hal ini yang menghambat tumbuh kembangnya. Bahkan anak-anak yang sering sakit akan mengalami keterlambatan dalam hal pertumbuhan.

Jika hal tersebut terjadi tentunya sangat beresiko dalam jangka panjang. Gangguan dalam pertumbuhan juga bisa mempengaruhi kondisi psikis anak sehingga tingkat kecerdasnnya terganggu. Yang lebih dikhawatirkan adalah tingkat IQ rendah dan konsentrasi yang terganggu.

Pendidikan dan perlindungan kesehatan untuk anak harus Anda lakukan sejak dini sebagai upaya dalam membentuk seorang anak yang cerdas, sehat dari segi fisik serta mental. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This