Keputihan Pada Wanita Saat Hamil

Ketika Anda hamil, maka biasanya tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan, terutama dari postur tubuh. Namun hal pertama yang harus Anda pahami ketika Anda hamil yaitu ketika anda mengalami perubaha, apakah petubahan itu perubahan yang normal pada kehamilan atau justru perubahan abnormal yang memang harus di perbaiki oleh sistem pengobatan. Ibu hamil rentan terhadap cairan yang memang keluar dari liang vagina yang disebabkan oleh perubahan hormonal selama proses kehamilan. Dan semua wanita yang tengah hamil pasti pernah mengalami yang namanya keputihan pada wanita hamil, namun apakah keputihan pada wanita hamil ini merupakan hal yang normal atau bahkan sebagai infeksi?

keputihan pada wanita

Mengapa Terjadi Keputihan pada Ibu Hamil ?

Gejala awal kehamilan biasanya kerap mengalami perubahan hormonal yang memang bisa menyebabkan terjadinya keputihan pada wanita hamil. Aliran darah akan semakin meningkat ke daerah kewanitaan ketika Anda tengah hamil yang memang bisa mempengaruhi cairan vagina menjadi jauh lebih meningkat. Untuk ibu hamil, cairan yang keluar dari vagina pastinya memberikan manfaat yang baik, karena mampu mencegah infeksi dari liang vagina menuju rahim. Namun, tidak semua cairan yang keluar dari liang vagina bisa memberikan manfaat yang baik, karena jika telah terkontaminasi dengan bakteri yang ada, parasite, atau bahkan virus justru akan membuat pengaruh yang sangat buruk. Dan ibu hamil sangatlah rentan terkena inveksi terhadap vagina, hal ini dikarenakan kesulitannya dalam membersihkan area vagina.

Ciri-ciri Keputihan pada Ibu Hamil

Banyak diantaranya wanita yang beranggapan kalao keputihan merupakan hal yang biasa, padahal tanpa mereka ketahui kalau keputihan merupakan salah satu pertanda adanya masalah kesehatan terhadap alat reproduksi. Sama halnya untuk wanita hamil, ciri awal kehamilan yaitu keputihan yang memang memiliki warna yang bening sedikit keputihan, tidak memiliki aroma bau, tidak terasa gatal serta tidak terasa nyeri. Namun jika Anda mengalami beberapa ciri di bawah ini, maka Anda harus berhati-hati, bisa jadi ini merupakan perubahan abnormal terhadap kehamilan yang memang sangat membutuhkan penanganan yang serius, yaitu sebagai berikut:

  1. Cairan berwarna putih kekuning-kuningan bahkan sampai kehijauan atau kekuningan
  2. Cairan lebih kental dan lengket
  3. Memiliki jumlah yang banyak
  4. Rasa gatal yang tidak tertahankan
  5. Berbau tidak sedap
  6. Pada sekitar vagina berwarna kemerahan

Dan di bawah ini ada beberapa tips yang bisa di lakukan ketika ibu hamil mengalami keputihan selama masa kehamilannya, yaitu sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan vagina
  2. Mengeringkan bagian vagina
  3. Menggunkan celana dalam terbuat dari bahan katun
  4. Jangan menggunakan pantyliners
  5. Jangan terlalu menggunakan obat kewanitaan secara sering
  6. Hindarilah melakukan douche vagina

Nah, untuk ibu hamil yang memang mengalami beberapa ciri keputihan abnormal seperti data-data di atas, maka sebaiknya Anda segera mengkonsultasikannya kepada dokter, karena jika tidak segera di konsultasikan bisa membuat ibu hamil mengalami beberapa gangguan kesehatan yang memang bisa berpengaruh buruk terhadap kondisi tubuh juga janin yang ada di dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517