Kenapa Perut Gatal Saat Hamil?

Hai bumil! Apakah Anda sering merasakan perut gatal saat hamil? Nah keadaan ini merupakan salah stau keluhan yang kerap kali di alami oleh ibu hamil. Walaupun keadaan ini tidak membahayakan kesehatan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan, namun perut gatal saat hamil justru bisa membuat ibu merasa tidak nyaman.

Umumnya, rasa gatal di perut saat hamil atau bahkan di bagian payudara memang tidak berbahaya, oleh karena itu ibu hamil memang tidak perlu melakukan perawatan khusus. Akan tetapi, hampir sebanyak 20% dari ibu hamil membutuhkan bantuan khusus, dan itu akan sangat tergantung dari derajat rasa gantal yang muncul ketika hamil.

Dan penyebab utama dari perut gatal saat hamil muda atau bahkan hamil tua yaitu karena adanya perubahan dari hormon yang memang terjadi di dalam tubuh, serta adanya peregangan kulit terutama di bagian atas perut.

Ada sekitar dua pertiga ibu hamil yang memang terkadang mendapatkan tangan serta kakinya yang merah-merah disertai dengan rasa gatal yang memang diyakini akibat dari peningkatan estrogen. Akan tetapi, rasa gatal yang muncul ini akan hilang dengan sendirinya setelah ibu tersebut melahirkan.

Umumnya, kondisi ini tidak membutuhkan pengobatan yang serius guna mengatasinya. Akan tetapi justru ada beberapa hal yang bisa dilakukan guna mengurangi rasa gatal di perut saat hamil.

Biasanya perut gatal saat hamil akan semakin memburuk ketika adanya cuaca yang panas. Maka dari itu, jika berada di lingkungan yang hangat atau bahkan panas, maka sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang longgar serta terbuat dari katun yang memang bisa menyerap keringat Anda.

Anda harus berusaha untuk menghindari keluar rumah ketika udara atau cuaca tengah panas, terutama di siang hari. Jika memungkinkan, maka Anda bisa membawa kipas guna membantu agar tubuh Anda tetap dalam keadaan dingin, serta bawalah selalu tisu basah. Bukan hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk menghindari mandi dengan menggunakan air hangat, karena air hangat hanya akan menambah rasa gatal Anda.

Satu hal penting yang memang harus benar-benar di pahami oleh ibu hamil yaitu jangan pernah menggaruk bagian yang gatal dengan menggunakan kuku, karena hal ini bisa memicu munculnya luka serta iritasi. Jika munculnya gatal pada bagian perut, maka ibu hamil cukup mengusapnya saja dengan lembut.

Akan tetapi, ada juga sekitar 1% ibu hamil yang memang bisa mengembangkan kondisi yang memang di tandai dengan gatal ini, adanya benjolan merah serta ruam seperti yang berada di atas perut disbeut dengan pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP).

PUPPP ini biasanya akan dimulai pada usia kehamilan trimester ketiga serta lebih umum dialami oleh perempuan yang mengandung bayi kembar atau bahkan mengandung bayi pertama. Awalnya rasa gatal di bagian perut atau bahkan di sekitar stretch mark, namun lambat laun bisa menyebar ke bagian paha, bokong serta lengan. Kondisi ini memang tidak membahayakan kesehatan ibu juga janin, namun rasa gatal yang di alami bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517