Kenapa Bayi Tidak Mau Minum ASI? Ini Dia Penyebabnya

Tidak selamanya bayi akan dengan mudah bisa menerima ASI yang bunda berikan kepadanya. Karena, ada beberapa kasus bayi tidak mau minum ASI, bahkan bayi akan menolak untuk minum ASI dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan hal ini dikarenakan beberapa alasan yang memang sangat sulit untuk di pahami.

Pada konsisi seperti ini, tanpa Anda sadari, sebenarnya ketika si kecil tidak mau minum ASI, ia tengah mencoba untuk memberitahu Anda bahwa ada sesuatu hal yang berbeda dari biasanya.

Nah, menurut Jay L. Hoecker, MD dari Mayo Clinic, situasi ketika si kecil tidak mau minum air susu ibu merupakan situasi yang tidak mudah untuk Anda pahami, apalagi ketika ANda harus mencari tahu alasan kenapa si kecil tidak mau minum ASI.

Berikut ini ada beberapa alasan yang mungkin saja bisa menjadi salah satu penyebab kenapa bayi tidak mau minum ASI, yaitu sebagai berikut:

  1. Nyeri atau tidak nyaman

Si kecil yang tumbuh gigi, sariawan atau bahkan pilek bisa menyebabkan rasa nyeri di bagian mulut ketika menyusu. Bukan hanya itu, infeksi telinga yang terjadi pada bayi juga bisa menyebabkan rasa sakit selama menghisap ASI.

Konsisi lainnya yang memang membuat si kecil tidak mau mengkonsumsi ASI yaitu seperti cidera atau bahkan nyeri akibat imunisasi juga bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan pada posisi menyesuai tertentu.

  1. Penyakit

Keadaan hidung yang tersumbat juga pilek yang menyerang bisa membuat si kecil mengalami kesulitan dalam bernapas selama menyusui.

  1. Stres

Seringnya tertunda ketika Anda ingin menyusui atau bahkan si kecil yang lama berpisah dengan Anda mungkin saja bisa menyebabkan si kecil menjadi rewel dan ia akan mengalami kesulitan ketika ia akan menyusu.

  1. Aroma berbeda

Adanya perubahan bau terhadap tubuh Anda baik dikarenakan ole parfum, lotion, sabun atau bahkan deodoran bisa membuat si kecil kehilangan minat untuk menyusu. Adanya perubahan rasa ASI yang mana dipicu oleh faktor seperti makanan yang Anda konsumsi juga bisa menjadi pemicu si kecil mogok untuk menyusu.

  1. Berkurangnya produksi ASI

Pemberian ASI yang memang kerap kali diikuti oleh kebiasaan memberikan susu formula kepada si kecil atau bahkan memberikan empeng yang terlalu sering bisa berakibat terhadap berkurangnya pasokan ASI Anda. Produksi ASI juga akan berkurang, dan itu bisa saja menjadi pertanda bahwa Anda mengalami kehamilan.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa si kecil tidak mau minum ASI atau air susu ibu. Ketika si kecil mogok untuk menyusu, maka sebaiknya Anda bisa memahami kondisi tersebut, guna memahami hal apa yang harus Anda lakukan agar si kecil mau kembali meminum ASI Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517