Kenapa Bayi Muntah Setelah Minum Susu?

Bayi muntah setelah minum susu merupakan satu hal yang umum dan wajar terjadi pada si kecil, dan itu bukanlah menandakan hal yang serius yang terjadi pada si kecil. Namun terkadang, ada sebagian kecil kasus terjadinya muntah pada si kecil menjadi indikasi gangguan yang cukup serius.

bayi muntah setelah minum susu

Baik muntah ataupun gumoh yang di alami bayi muntah setelah minum susu formula merupakan satu proses di mana ia mengeluarkan isi dari lambungnya. Bedanya, gumoh akan terjadi seperti air yang memang mengalir ke bawah, hal ini terjadi bisa sedikit atau bahkan banyak. Gumoh juga memiliki sifat pasif juga spontan. Sedangkan muntah, muntah lebih cenderung dikeluarkan dalam jumlah yang banyak serta dengan kekuatan atau tanpa adanya kontraksi dari lambung. Dan ada sekitar 70% bayi yang berusia di bawah 4 tahun pernah mengalami gumoh minimal 1 kali di setiap harinya.

Dan berikut ini yang menyebabkan gumoh atau penyebab bayi muntah setelah minum susu, yaitu sebagai berikut:

  1. ASI atau susu yang diberikan melebihi kapasitas lambung

Keadaan lambung yang penuh juga bisa membuat bayi menjadi gumoh. Hal ini terjadi ketika makanan yang sebelumnya masuk ke dalam perut belum sampai kedalam usus, dan ketika itu di isi makanan lagi. Dan akibatnya bayi muntah setelah minum susu.

  1. posisi menyusui

Si kecil akan muntah atau gumoh ketika bunda menyusui si kecil sambil tiduran dengan posisi miring, sementara itu si kecil tidur dengan cara terlentang. Dan akibatnya cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak akan masuk ke saluran pencernaan, namun cairan yang masuk ke dalam tubuh malah masuk ke saluran pernapasan. Dan itulah salah satu penyebab bayi gumoh.

  1. Klep penutup lambung belum berfungsi sempurna

Susu formula atau ASI akan masuk melalui mulut yang menuju ke saluran pencernaan bagian atas, dan setelah itu menuju lambung. Di antara kedua organ tubuh tersebut terdapat satu klep yang berfungsi menutupi lambung. Pada bayi, biasanya klep ini ini belum bisa berfungsi secara sempurna.

  1. Fungsi dari sistem pencernaan si kecil dengan peristaltic untuk makanan bisa masuk melalui saluran pencernaan yang menuju ke usus, dan itu belum bekerja sempurna pada si kecil. Sehingga menyebabkan muntah saat minum susu.
  2. Terlalu aktif

Dimisalkan ketika si kecil terus menerus menangis atau bahkan ketika si kecil menggeliat. Hal ini bisa membut tekanan yang ada di dalam perut menjadi tinggi, sehingga keluar dalam bentuk muntahan atau bahkan di sebut dengan gumoh.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan si kecil atau bayi muntah setelah minum susu.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517