Kenapa Anak Tidak Mau Makan Ketika Mereka Sakit?

Ketika si kecil terserang penyakit, pastinya nafsu makan si kecil akan langsung menurun, dan itu menyebabkan anak tidak mau makan. Jika seperti itu, pastinya Anda sebagai orangtua merasa khawatir akan hal ini, karena di samping kondisinya yang tidak baik, nafsu makannya juga berkurang, dan ia tidak mau makan, jelas hal tersebut bisa memperburuk keadaan.

Banyak diantaranya anak-anak terutama bayi yang terserang oleh penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, dan salah satu karakteristik utama dari terjadinya infeksi virus yaitu lesu, mual yang disertai dengan muntah, serta berkurangnya nafsu makan si kecil.

Bukan hanya anak kecil, ternyata kondisi ini juga bisa dialami oleh orang dewasa yang memang tengah mengalami selesma, flu, atau bahkan gastroenteritis akut yang ditandai dengan muntah juga diare. Ketika hal tersebut terjadi, keadaan mulut pastinya akan terasa pahit. Dan bedanya dengan si kecil, mereka tidak bisa mengeluh bahkan meminta makanan atau bahkan minuman yang mungkin saja bisa membuatnya sedikit memiliki selera untuk memakan apapun.

Namun ketika si kecil tengah sakit, dan anak tidak mau makan, sebaiknya Anda tidak terlalu cemas dan tetaplah santai. Dan ingat, ketika si kecil demam, ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas, juga bahkan diare, hal yang paling di butuhkan oleh si kecil yaitu cairan, dalam apapun bentuknya. Makanan bisa tetap Anda tawarkan untuk memberikannya energi, namun Anda jangan berkecil hati ketika si kecil menolaknya, tetaplah Anda berusaha dan sabar agar ada sedikit saja makanan yang masuk kedalam tubuh si kecil.

Dan satu hal lainnya yang harus Anda ketahui, Anda jangan beranggapan kalau makanan hanya berbentuk nasi saja atau beberapa makanan besar lainnya. Namun Anda juga bisa menawarkan minuman yang segar namun tetap memiliki kandungan kalori. Misalkan seperti smoothy, fruit milkshake dengan kandungan susu yang sedikit, karena kandungan lemak yang banyak hanya akan membuat si kecil menjadi tambah mual, mangga dengan es krim rasa vanilla, pudding roti applesauce, ice crust, dan masih banyak lagi jenis makanan atau bahkan cemilan sehat lainnya yang bisa Anda sajikan untuk si kecil.

Yang jelas, penyakit yang disebabkan oleh virus tidak ada obatnya. Karena daya tahan tubuh si kecillah yang mampu untuk memeranginya. Maka dari itu, faktor waktu juga bisa menentukan proses pemulihan si kecil. Dan ketika infeksi mulai mereda, pastinya selera makan si kecil akan kembali membaik.

Dan kunci utamanya ketika Anda menghadapi si kecil yang seperti ini adalah, waktu, sabar dan juga tetap amati kondisinya. Selama si kecil tidak mengalami dehidrasi berat, Anda tidak diharuskan untuk pergi ke dokter. Namun sebaiknya Anda mengatasinya sendiri di rumah dengan terus memberikannya minuman bahkan makanan yang segar dan lezat. Jika kondisi si kecil semakin parah, maka Anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517