Kenalkan Rutinitas Ini Agar Bayi Tidur Nyenyak!

Mungkin si kecil kerap kali menjadi rewel ketika mereka hendak tidur, hal ini di karenakan si kecil tidak tahu kapan waktunya yang tepat untuk ia tidur. Maka dari itu, agar bayi tidur nyenyak, maka penting bagi bunda untuk mengenalkan rutinitas sebelum tidur kepada si kecil.

Nah, rutinitas ini bisa Anda lakukan dengan tujuan si kecil bisa mendapatkan tidur yang nyaman dan salah stau cara agar bayi tidur nyenyak.

Anak-anak pastinya akan merasa lebih rileks ketika mereka tahu hal apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Dengan adanya rutinitas sebelum mereka tertidur, maka mereka akan mengetahui kapan waktu untuk mereka tidur.

Di bawah ada beberapa rutinitas sebelum tidur yang bisa Anda terapkan agar tidur bayi menjadi lebih nyaman dan si kecil tidak lagi rewel sebelum tidur, yaitu sebagai berikut:

  1. Biarkan si kecil bermain

Sebelum si kecil tertidur, maka Anda bisa membiarkan ia untuk bermain sejenak atau bahkan berlari sesuka hatinya. Tenaga yang mereka gunakan untuk bermain akna habis, dan itu akan membuat si kecil lebih mudah merasa lelah, sehingga ia akan cepat mendapatkan tidur yang nyenyak.

  1. Ajak si kecil untuk mandi

Salah satu kegiatan sebelum tidur yang bisa Anda terapkan uyaitu mandi sebelum bayi tidur. Dan berendam di air hangat nyatanya memang bisa memberikan sensasi yang menenangkan bagi si kecil serta untuk tubuh si kecil, dan keadaan tubuh yang bersih juga segar mampu membuat si kecil mendapatkan tidur nyaman yang nyenyak.

  1. Memakai baju tidur

Bukan hanya itu, ketika hendak tidur, sebaiknya Anda mengganti pakaian si kecil dengan baju tidur. Hal ini bertujuan untuk membantu ia untuk mengetahui bahwa waktu telah menunjukkan waktunya untuk tidur. Selain itu, Anda jangan lupa untuk mengajak si kecil untuk menggosok gigi sebelum tidur, membasuh bagian muka serta tangan, juga buang iar kecil atau bahkan mengganti popoknya sebelum ia tidur. Kebiasaan yang baik ini pastinya bisa menjadi salah satu pelajaran yang baik bagi si kecil sampai ia benar-benar tumbuh menjadi pribadi yang baik nantinya.

  1. Mengajak si kecil bermain

Jika sebelumnya si kecil sudah bemian-main sampai berlari-lari, mungkin kali ini bunda bisa mengajaknya untuk bermain dengan cara yang lebih tenang. Permainan yang sederhana seperti menghitung angka, menyebutkan abjad atau bahkan beberapa jenis mainan lainnya yang cocok Anda mainkan dengan si kecil.

  1. Bercerita

Jika si kecil sudah berusia balita dan dia sudah bisa di ajak bicara, maka waktu tidur merupakan waktu yang paling tepat untuk mendengarkan cerita terkait kegiatan sehari-harinya. Mungkin saja Anda bisa bertanya kepada mereka, hal apa yang ia lakukan seharian ini bersama teman-temannya. Bercerita juga bisa menjadi cara yang paling ampuh untuk mengatasi kegelisahan yang di rasakan oleh si kecil, sehingga mereka bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.

Related Posts

Share This