Kenali Ukuran Gula Darah Normal

Kadar gula dalam darah hendaknya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Anda harus senantiasa menjaga supaya kadar gula darah tetap dalam keadaan seimbang. Hal ini sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, untuk mengetahui ukuran gula darah normal maka bisa menggunakan ketentuan dari badan kesehatan dunia (WHO).

Perlu Anda ketahui bahwa gula merupakan salah satu unsur penting bagi tubuh. Proses masuknya gula ke dalam tubuh yaitu melalui semua sumber makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Secara tidak langsung makanan yang kita konsumsi akan diproses menjadi energi melalui sebuah proses yang disebut dengan metabolisme.

Kekurangan atau kelebihan gula darah akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang diakibatkan kadar gula terlalu tinggi yaitu diabetes. Penyakit ini tentunya sangat beresiko bagi kesehatan dan jika dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi tubuh. Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi harus segera ditangani dengan benar.

Nah, untuk mengetahui kadar gula darah Anda maka bisa menggunakan acun dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Menurut WHO, kadar gula darah normal yaitu 10 mmol/l atau sekitar 180mg/dl. Adapun kadar gula darah normal pada malam hari yaitu 8 mmol/l atau 144 mg/dl. Jika Anda dalam kondisi sedang berpuasa maka kadar gula darah normal yaitu sekitar 4 -7 mmol/l atau 72-126 mg/dl.

Jika kadar gula darah dibawah batas normal maka akan mengakibatkan kehilangan energi/tenaga. Jika Anda mengalami kadar gula darah dibawah normal maka akan mengalami gejala lemah, lesu, lemas dan cenderung tidak memiliki tenaga. Apabila Anda mengalami gejala tersebut maka segeralah untuk mengkonsumsi makanan manis seperti buah.

Buah merupakan salah satu alternatif untuk membangkitkan kembali energi tubuh karena mudah dicerna dalam waktu yang relative cukup singkat. Sebab jika Anda langsung mengkonsumsi nasi maka membutuhkan waktu lama untuk kembali menghasilkan tenaga. Proses mencerna nasi menjadi energi membutuhkan waktu kuranmg lebih sekitar 2 -3 jam.

Dalam pengukuran gula darah terdapat dua istilah yaitu gula darah sewaktu dan gula darah sewaktu normal. Yang dimaksud gula darah sewaktu yaitu hasil dari pengukuran gula darah secara seketika tanpa melalui proses berpuasa terlebih dahulu. Sedangkan untuk gula darah sewaktu normal yaitu 2 jam setelah Anda makan sekitar 80 – 180 mg/dl.

Secara normal batas normal gula darah menurut WHO yaitu 80-144 mg/dl. Nah, apabila Anda mengukur kadar gula darah dan ternyata hasilnya sekitar 180 mg/dl maka bisa dikategorikan bahwa kadar gula darah tersebut cukup buruk. Akan tetapi hal tersebut masih dalam kondisi aman. Dalam hal ini Anda dianjurkan untuk melakukan diet gula darah.

Apabila kadar gula darah Anda cukup tinggi dari standar WHO, maka segeralah untuk menerapkan pola hidup sehat. Biasakan untuk mengontrol setiap makanan yang Anda konsumsi dan terapkan kebiasaan baik untuk berolahraga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517