Kenali Tanda Tanda Kehamilan Muda yang Sehat dan Normal

Selamat ya Bunda atas kehamilannya. Berita kehamilan tentunya menjadi momen yang sangat membahagiakan karena hadirnya buah hati menjadi pelengkap dalam sebuah keluarga. Setelah mengetahui bahwa Anda hamil maka kini saatnya untuk mengetahui tanda tanda kehamilan muda yang sehat dan normal.

Tanda kehamilan yang sehat tentunya sangat berkaitan erat antara sang ibu dan janin. Jika ibu hamil sehat maka janin yang ada didalam kandungan juga akan ikut sehat. Namun jika sebaliknya maka perlu diwaspadai karena kondisi ibu hamil yang sakit bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Dalam upaya untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga janin didalam kandungan maka ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan meliputi jenis makanan yang dikonsumsi, olahraga teratur dan menghindari kegiatan yang bisa membahayakan kehamilan.

Tanda tanda kehamilan muda yang sehat dan normal bisa Anda kenali dengan mudah. Lalu apa saja tanda tersebut? Berikut penulis akan memberikan ulasannya.

Berat Badan Ibu Hamil

Salah satu tanda yang bisa Anda kenali yaitu terkait dengan berat badan ibu hamil. Berat badan menjadi hal yang menentukan kesehatan kehamilan Anda. Biasanya dokter akan menyarankan kenaikan berat badan pada ibu hamil sekitar 13 hingga 15 kg.

Sebaliknya jika ibu hamil mengalami kelebihan berat badan sebaiknya menjaga pola makan dan pola hidup sehari-hari. Kelebihan berat badan bisa menjadi salah satu penyebab janin didalam kandungan tidak sehat.

Kadar Gula dan Tekanan Darah Pada Ibu Hamil

Ketika hamil, kadar gula dan takanan darah umumnya akan mengalami peningkatan. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini karena bersifat normal dan wajar. Yang terpenting tidak berubah secara drastis.

Namun jika ibu hamil mengalami perubahan yang drastis sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kemungkinan yang bisa membahayakan kehamilan Anda. Apalagi jika sebelumnya memiliki riwayat gangguan kesehatan.

Kondisi Hormon

Perubahan hormon menyebabkan ibu hamil mengalami perubahan secara fisik dan psikis. Perubahan hormone tentunya merupakan hal yang wajar dan menjadi tanda bahwa Anda menjalani kehamilan yang normal.

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil yaitu hormon progesterone dan estrogen. Hormon tersebut akan mempengaruhi tingkat emosional dan juga tumbuh kembang janin didalam kandungan.

Pertumbuhan Janin

Selanjutnya kehamilan sehat ditandai dengan janin yang tumbuh dan berkembang. Hal ini lbisa terlihat melalui pemeriksaan medis menggunakan USG. Dengan melihat pertumbuhan janin yang sehat maka kehamilan Anda masuk dalam kategori aman dan normal.

Jika terdapat tanda-tanda gangguan pada pertumbuhan janin maka sebaiknya perlu diwaspadai dan mlharus ditangani secara medis dengan tepat. Hal ini untuk mencegah gangguan pertumbuhan yang bisa membahayakan janin.

Rahim dan Plasenta

Tanda kehamilan sehat yang selanjutnya yaitu kondisi plasenta dan rahim dalam keadaan sehat. Untuk menjaga rahim supaya sehat sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum merencanakan kehamilan. Caranya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat sehari-hari.

Pergerakan Janin

Nah, tanda kehamilan sehat yang bisa Anda rasakan selanjutnya yaitu adanya pergerakan janin didalam kandungan. Dalam hal ini Anda bisa melakukan pemeriksaan kehamilan pada minggu ke-6 dan ke-10 untuk melihat pergerakan normal pada janin.

Pergerakan janin menjadi tanda kehamilan sehat dan pasokan nutrisi serta oksigen cukup diperoleh oleh janin. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan dengan tetap menjaga pola hidup sehat dan menghindari hal-hal yang bisa membahayakan janin.

Related Posts

Share This