Kenali Tanda Bayi Membutuhkan Air Susu Ibu (ASI)

Memberikan air susu ibu (ASI) atau menyusui memang terlihat seperti satu hal yang cukup mudah. Akan tetapi jika dalam prakteknya, hal tersebut tidak semudah yang kita lihat. Mengapa? Karena pada kenyataannya, banyak diantaranya para ibu muda yang memang mengalami masalah ketika mereka tengah menyusui.

Nah, guna menghindari masalah yang terjadi ketika memberikan ASI bayi, pastinya para ibu muda harus mengetahui serta memahami beberapa hal penting yang memang berkaitan dengan menyusui. Dan salah stau hal yang harus di pahami oleh ibu yaitu isyarat atau ciri yang diberikan oleh bayi ketika mereka menginginkan ASI.

Nah, di bawah ini ada beberapa ciri atau siyarat yang umum diberikan oleh bayi ketika mereka membutuhkan atau menginginkan ASI ibu, yaitu sebagai berikut:

  1. Menggerak-gerakkan kepala

Ciri atau isyarat pertama yang umum diberikan atau ditunjukan bayi ketika mereka lapar dan ingin menyusu yaitu dengan menggerak-gerakkan kepalanya kekiri dan kekanan. Dan umumnya, ketika mereka melakukan gerakan ini, mereka akan terlihat seperti merasa tidak nyaman dengan konsisi tersebut.

  1. Menjulurkan lidah

Ciri kedua ketika bayi merasa lapar dan ingin menyusu yaitu dengan cara menjulurkan lidahnya keluar. Keadaan bayi yang jauh lebih tenang umumnya akan memberikan isyarat kepada ibunya dengan cara menjulurkan lidahnya keluar ketika mereka merasa lapar dan ingin menyusu. Namun, ada juga bayi yang akan memberikan isyarat dengan melakukan kedua hal di atas secara bersamaan, yaitu dengan menggerakkan kepalanya yang disertai dengan mengeluarkan lidahnya.

  1. Menggeliat

Dikarenakan rasa lapar merupakan kondisi yang kurang nyaman untuk si kecil, maka biasanya mereka akan menggeliat sebagai tanda atau bukti kalau dirinya tengah membutuhkan sesuatu. Maka dari itu, ketika si kecil menggeliat, itu artinya si kecil tengah dalam keadaan lapar.

  1. Meletakkan tangan ke dalam mulut

Nah, ciri umum yang memang sring di jumpai ketika si kecil merasa lapar yaitu dengan cara, mereka meletakkan tangan mereka kedalam mulut. Umumnya bayi akan meletakkan tangan mereka kedalam mulut ketika merasa lapar, jadi jika hal tersebut di tunjukkan si kecil, itu artinya bayi Anda tengah kelapara.

  1. Menangis

Nah, jika Anda tidak memahami isyarat yang diberikan si kecil, maka biasanya mereka akan menangis. Dan cara inilah yang di rasa merupakan cara yang paling ampuh. Karena umumnya ibu akan menyusui si kecil ketika mereka menangis.

Penting untuk Anda memahami isyarat yang ditunjukkan bayi ketika mereka merasa lapar. Karena hal tersebut bisa mengurangi kurangnya suplai ASI yang memang diberikan kepada si kecil serta senantiasi membuat si kecil selalu merasa nyaman juga aman.

Maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk Anda memahami juga mengetahui ciri ketika si kecil lapar dan ingin menyusu, agar si kecil tidak kekurangan asupan ASI.

Related Posts

Share This