Kenali Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi

Merupakan suatu kebahagiaan bagi Anda yang bisa mengikuti setiap tahap perkembangan bayi. Dengan begitu Anda bisa mengenali setiap tahap perkembangan yang berjalan normal sehingga bisa meminimalisir tejadinya gangguan sedini mungkin. Salah satu tahap perkembangan yang perlu Anda pantau yaitu penglihatan bayi.

Penglihatan bayi baru lahir merupakan keterampilan alamiah atau bawaan. Dalam mengoptimalkan kemampuan tersebut, Anda harus memberikan stimulasi sejak dini. Stimulasi penglihatan bertujuan untuk memfokuskan mata, mengkoordinasi kedua mata dan menggerakan bola mata. Namun sebelum memberikan stimulus terhadap penglihatan bayi baru lahir, Anda perlu mengenali beberapa tahapan tersebut.

Tahap pertumbuhan bayi dalam mengenali suatu benda tentunya sangat penting karena hal tersebutv sebagai awal dari tahap perkembangan selanjutnya. Sebelum bergerak, secara umum bayi akan mengenali benda-benda di sekitarnya lewat indera penglihatan tersebut.

Berikut Tahap Penglihatan Bayi

Bayi Baru lahir

Bayi yang baru lahir memiliki penglihatan yang belum sempurna sehingga belum memiliki kemampuan untuk melihat benda-benda di sekitarnya dengan jelas. Bahkan bayi yang baru lahir cenderung lebih banyak menutup mata. Hal ini karena masih dalam tahap dan proses untuk beradaptasi dengan kondisi cahaya.

Beberapa minggu setelah kelahirannya, kemampuan indera penglihatan bayi yaitu sekitar 19,6 – 29,4 cm. Akan tetapi meskipun jarak pandangnya masih sangat pendek, si kecil sudah mulain mengenali wajah Anda sebagai ibunya. Memasuki usia 6 minggu, si kecil sudah memiliki kemampuan untuk melihat objek/benda yang berpindah atau bergerak.

Stimulasi penglihatan bisa dilakukan ketika bayi masih di dalam kandungan. Caranya yaitu dengan memberikan pancaran cahaya sehingga akan menstimulus indera penglihatan tersebut berkembangan dengan baik. Ketika bayi sudah lahir, berikan ASI secara ekslusif untuk membantu mengoptimalkan perkembangan indera penglihatannya.

Bayi 3 -5 bulan

Fokus bayi pada usia ini sudah memiliki kemampuan untuk melihat benda yang berpindah atau bergerak. Ketika memasuki usia 4 bulan maka si kecil cenderung akan lebih sensitif terhadap cahaya. Dalam menstimulus penglihatannya, Anda bisa mendesain kamar si kecil dengan menggunakan warna-warna yang mencolok. Selain itu, hindarkan si kecil dari penggunaan lampu malam/lampu tidur.

Bayi 6 – 10 bulan

Memasuki usia 6 bulan, penglihatan si kecil sudah berkembang lebih sempurna. Pada usia ini si kecil sudah memiliki kontrol dan koordinasi mata. Anda bisa memperkenalkan mainan dan mengajaknya untuk melihat pemandangan alam sebagai salah satu cara untuk menstimulus kemampuan penglihatannya.

Bayi 11 – 18 bulan

Pada tahapan ini si kecil sudah memiliki kemampuan untuk melihat benda bergerak dengan cepat. Memasuki usia 15 – 18 bulan, tahap perkembangan penglihatan bayi sudah sempurna dan setara dengan orang dewasa. Anda bisa memberikan stimulasi dengan mengajakanya bermain menggunakan mainan yang bisa di dorong. Cara ini sekaligus merangsang kemampuan si kecild alam hal merangkak.

Nah, itulah tahapan kemampuan indera penglihatan si kecil. Selain dengan memberikan stimulus, Anda juga harus melengkapi kebutuhan gizinya dengan memberikan asupan makanan bergizi. Salah satu jenis makanan yang direkomendasikan yaitu wortel dan jenis sayuran lain yang memiliki kandungan vitamin.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517