Kenali Posisi Tidur Yang Baik Saat Hamil

Semakin bertambahnya usia kehamilan terkadang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman untuk beristirahat tidur di malam hari. Dalam hal ini diperlukan pengetahuan khusus mengenai posisi tidur yang baik saat hamil. Bagaimanapun waktu tidur merupakan hal yang paling penting untuk menunjang kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Untuk menunjang kehamilan yang sehat, Anda tidak hanya dituntut untuk mengkonsumsi makanan bergizi ataupun menghindari kegiatan berat. Akan tetapi dalam hal ini Anda juga harus memenuhi waktu istirahat dengan baik. Dengan begitu proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan akan berlangsung dengan baik tanpa adanya gangguan sedikitpun.

Pada usia kehamilan tahap awal mungkin ibu hamil masih bisa tidur dengan berbagai posisi mengingat kondisi perut belum terlalu besar. Namun memasuki trimester kedua dan ketiga maka keluhan seputar tidur mulai dirasakan. Disinilah diperlukan pengetahuan untuk mendapatkan posisi ideal guna menunjang kenyamanan sepanjang malam.

Ukuran perut yang semakin membesar membuat ruang gerak ibu hamil semakin terbatas, terutama ketika waktu tidur. Dalam hal ini diperlukan kehati-hatian dan pengaturan posisi yang tepat guna menunjang kenyamanan dan kesehatan janin dalam tahap perkembangannya. Pada kesempatan ini penulis akan mengulas dan berbagi tips posisi tidur yang baik selama hamil.

  1. Terlentang

Posisi tidur terlentang merupakan salah satu posisi tidur yang nyaman dan aman bagi setiap orang terutama bagi Anda yang sedang hamil. Pada tahap awal kehamilan sangat dianjurkan bagi wanita hamil untuk tidur terlentang untuk mendapatkan kenyamanan saat tidur. Namun ketika memasuki usia kehamilan yang semakin tua, posisi ini kurang dianjurkan karena beban dari janin yang semakin membesar akan membuat usus dan pembuluh darah tertekan. Jika terus menggunakan posisi tidur ini maka dikhawatirkan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti wair, gangguan pencernaan dan sakit pinggang.

  1. Tengkurap

Ketika usia kehamilan masih dalam tahap awal atau trimester pertama maka posisi tidur tengkurap masih bisa digunakan. Akan tetapi ketika ukuran perut semakin membesar sebaiknya posisi ini tidak digunakan lagi karena bisa membahayakan janin dan menekan kelancaran sirkulasi darah antara ibu hamil dan janin.

  1. Posisi miring

Posisi tidur yang benar saat hamil selanjutnya yaitu posisi miring. Nah, posisi yang satu ini bisa digunakan pada tahap awal kehamilan dan memasuki usia kehamilan yang lebih tua. Posisi tidur miring dirasa cukup aman dan nyaman bagi ibu hamil. Dengan posisi ini maka Anda tidak akan terbebani dengan kondisi janin yang semakin membesar. Anda bisa menggunakan posisi miring ke kiri ataupun ke sebelah kanan.

Bagi Anda yang akan menggunakan posisi tidur miring, gunakan bantal pada bagian antara dengkul dan punggung. Hal ini supaya Anda merasa lebih nyaman dan janin di dalam kandungan lebih aman.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517