Kenali Pola Tidur Bayi Usia 6 Bulan

Pola tidur bayi. Waktu tidur merupakan saat-saat yang paling penting bagi bayi. Hal ini karena proses pertumbuhan dan perkembangan bayi lebih banyak terjadi pada saat sedang tidur. Selain pertumbuhan dari segi fisik, ketika tidur berlangsung pertumbuhan otak.

Bayi 6 bulan ataupun bayi dibawah usia tersebut memerlukan waktu istirahat yang lebih banyak. Untuk bayi yang berusia 6 – 9 bulan membutuhkan waktu tidur selama 14 jam setiap harinya. Dalam hal ini anda harus menerapkan jadwal tidur yang konsisten bagi bayi. Usahakan supaya pola tidur bayi teratur guna menunjang tumbuh kembangnya.

Tidak hanya pada malam hari, bayi juga memerlukan waktu istirahat di siang hari. Jadwalkan waktu tidur untuk si kecil di siang hari minimal 2 jam. Dengan begitu proses pertumbuhan si kecil akan berlangsung secara optimal tanpa adanya gangguan. Waktu istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga tidak mudah sakit.

Tips Untuk Menerapkan Pola Tidur Bayi 6 Bulan

  • Pola tidur yang teratur harus diterapkan pada bayi sejak dini supaya menjadi suatu kebiasaan. Ketika menginjak usia 6 bulan si kecil akan mulai terbiasa dengan pola tidur yang sudah Anda terapkan. Nah, dalam hal ini konsistensi Anda sangat diperlukan untuk membuat jadwal tidur yang tetap.
  • Bagi Anda yang sudah menerapkan waktu tidur tetap pada bayi maka memiliki banyak waktu untuk mengajak si kecil bermain. Dengan begitu Anda bisa menjadwalkan kapan waktu tidur dan kapan waktu bermain.
  • Pada usia 6 bulan, Anda bisa memulai untuk membiasakan si kecil tidur sendiri. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu membiarkan si kecil tidur diranjangnya sendiri kemudian secara perlahan siring dengan bertambahnya usia si kecil maka Anda bisa memberikan kamar pribadi. Hal ini sebagai pola pendidikan dini dalam hal kemandirian anak.
  • Menginjak usia 6 bulan, pola tidur si kecil akan terganggu. Hal ini seiring dengan berkembangnya kemampuan si kecil yang sudah bisa duduk. Si kecil bisa saja terbangun secara tiba-tiba pada malam hari. Dalam hal ini Anda harus lebih sigap ketika si kecil tiba-tiba menangis.
  • Jadwalkan pemberian ASI secara teratur untuk menjaga pola tidur si kecil. Asupan ASI yang mencukupi akan memungkinkan si kecil mendapatkan waktu istirahat secara optimal. Ketika menginjak usia 6 bulan maka si kecil sudah mendapatkan MPASI sehingga dengan begitu Anda harus bisa menyeimbangkan ASI dan makanan padat tersebut.

Pola tidur yang teratur menjadi salah satu faktor yang menunjang tumbuh kembang bayi. Disamping itu, pola tidur juga akan berpengaruh terhadap kesehatan si kecil. Sebisa mungkin Anda harus menghadirkan suasana yang aman dan nyaman ketika si kecil tidur. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This