Kenali Perubahan Fisiologis Pada Ibu Hamil

Perubahan pada ibu hamil merupakan suatu kondisi yang wajar dan bersifat alami. Kondisi tersebut tentunya tidak terlepas dari pengaruh hormone kehamilan seperti estrogen dan progesterone. Perubahan yang terjadi bisa bersifat fisik dan mental.

Perubahan fisiologis pada ibu hamil tentunya akan menyebabkan beberapa keluhan yang membuat ibu hamil sedikit merasa terganggu dan tidak nyaman. Lalu apa saja perubahan yang paling umum terjadi pada ibu hamil? Berikut penjelasannya!

Ukuran Payudara

Perubahan ukuran payudara merupakan salah satu hal yang paling umum terjadi pada ibu hamil. Ukuran payudara ibu hamil bisa membesar dari ukuran normal. Namun terkadang kondisi ini tidak dialami oleh semua ibu hamil. Penyebab ukuran payudara membesar yaitu hormon kehamilan. Untuk menyikapi perubahan tersebut, pilihlah bra yang berukuran lebih besar dari biasanya.

Nyeri Badan

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan janin semakin berkembang maka keluhan yang akan dirasakan oleh ibu hamil yaitu merasakan sakit di beberapa bagian tubuh. Biasanya rasa nyeri tersebut pada bagian punggung, paha dan pangkal paha. Cara terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan meluangkan lebih banyak waktu untuk istirahat.

Intensitas Buang Air Kecil Meningkat

Perkembangan janin di dalam kandungan akan memberikan tekanan pada otot dasar panggul, kandung kemih dan uretra. Perubahan fisiologis tersebut menjadi pemicu utama meningkatnya intensitas buang air kecil pada ibu hamil. cobalah latihan kegel untuk mengatasi hal tersebut dan hindari kebiasaan menahan buang air kecil.

Perubahan Kulit

Munculnya garis-garis halus atau yang biasa disebut dengan stretch mark merupakan perubahan secara fisiologis pada kulit ibu hamil. Mengatasi hal tersebut konsumsilah makanan yang mengandung vitamin E ataupun antioksidan lainnya.

Susah Tidur

Gangguan tidur bisanya muncul pada usia kehamilan trimester ketiga. Kondisi perut yang semakin besar tentunya menjadi penyebab keluhan tersebut sehingga membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Gunakanlah posisi tidur menyamping ke kiri atau kanan dengan menggunakan bantal sebagai penopang perut.

Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan bukan perkara yang aneh pada ibu hamil. Meningkatnya hormone progesterone menjadi pemicu utama yang mengendurkan dan memperlambat gerak otot pencernaan. Mengatasi sembelit bisa Anda lakukan dengan mencukupi kebutuhan cairan minimal 2 liter setiap harinya, asupan makanan berserat dan olahraga ringan.

Kram Kaki

Kram kaki secara umum dipicu oleh kekurangan mineral kalsium pada ibu hamil. Kram kaki bisa muncul secara tiba-tiba, bahkan ketika Anda tidur di malam hari. Lakukan olahraga ringan untuk mengatasi hal tersebut.

Bengkak

Perubahan hormone mengakibatkan ibu hamil mengalami keluhan bengkak pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, tangan dan pergelangan tangan.  Konsumsilah air putih minimal 2 liter setiap harinya untuk meredakan keluhan tersebut.

Related Posts

Share This