Kenali Perkembangan Bayi Ketika Tidur

Secara umum, bayi yang baru lahir sampai berusia 3 bulan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Kondisi tersebut merupakan sifat alamiah bayi dan merupakan hal yang wajar. Hal ini sebagai salah satu cara perkembangan bayi pada tahap awal.

Bayi memiliki waktu tidur yang lebih lama sebagai upaya untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya. Perkembangan pada bayi lebih banyak berlangsung ketika tidur. Namun dalam hal ini apakah Anda tahu perkembangan apa saja yang terjadi ketika si kecil tertidur?

Tidur nyenyak yang dialami oleh bayi sangat efektif untuk membantu menunjang perkembangan beberapa organ tubuh. Disamping itu, tidur nyenyak merupakan stimulasi untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan kecerdasan si kecil.

Perlu Anda ketahui bahwa fase perkembangan bayi sebagian besar terjadi ketika tidur. Mengapa demikian? Hal ini karena hormone pertumbuhan 75% dikeluarkan ketika bayi sedang tidur. Nah, pengaruh hormone tersebut terhadap pertumbuhan akan mulai berfungsi pada tahap ke-3 atau ke-4 tidur bayi.

Tingginya kadar hormone pertumbuhan sangat erat kaitannya dengan kondisi fisik bayi sehingga menstimulus tulang, metabolisme tubuh, jaringan dan mengoptimalkan perkembangan otak. Hormon pertumbuhan yang dihasilkan ketika bayi tidur akan meregenerasi sel di dalam tubuh bayi, diantaranya yaitu sel otak, sel kulit dan bahkan sel-sel darah.

Secara tidak langsung ketika bayi tertidur maka aliran darah menuju ke otak akan mengalami peningkatan. Bayi yang mendapatkan waktu tidur ideal akan memperoleh kondisi psikis yang sehat dan normal. Bahkan pada beberapa kondisi akan menyebabkan stimulasi sehingga berguna untuk mengoptimalkan perkembangan susunan saraf.

Pada waktu pertama kali lahir, bayi akan memiliki jam tidur selama 16 – 22 jam. Waktu tidur tersebut merupakan siklus pendek jika dibandingkan dengan orang dewasa. Pola tidur yang baik dan berkualitas pada bayi di dukung oleh suasana lingkungan yang nyaman. Dalam hal ini Anda harus senantiasa berupaya untuk menciptakan waktu tidur yang aman dan nyaman guna menunjang tumbuh kembang si kecil.

Banyak hal yang bisa menunjang tidur nyenyak pada bayi yaitu kebersihan popok, kondisi ruangan yang nyaman dan bayi dalam keadaan kenyang. Disamping itu, usahakan supaya ruangan kamar tidur si kecil menggunakan lampu redup. Pastikan si kecil terbebas dari gangguan selama tidurnya.

Bayi yang tidak mendapatkan waktu tidur secara optimal maka akan mudah terserang infeksi penyakit. Waktu tidur yang cukup sangat berguna bagi bayi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Efektivitas dan daya tahan tubuh akan menurun akibat terganggunya waktu tidur. Kondisi tersebut sangat berbahaya karena akan berdampak terhadap tumbuh kembang si kecil.

Supaya si kecil mendapatkan waktu tidur yang optimal, pastikan semua kebutuhannya terpenuhi sebelum tidur dan usahakan untuk menciptakan suasana aman serta nyaman di dalam ruangan. Hindarkan si kecil dari kebisingan.

Related Posts

Share This