Kenali Perkembangan Bahasa Pada Batita Usia 15 – 18 Bulan

Perkembangan bahasa pada anak batita usia 15 – 18 bulan bisa Anda simpulkan dalam bentuk kata-kata favoritnya. Anak batita berbicara dan berbahasa dengan kata-kata isyarat serta berpikir menurut caranya sendiri. Kata-kata yang dikombinasikan dengan gerakan merupakan keterampilan bahasa yang berkembang dengan sangat cepat  pada tahun kedua.

Perkembangan Bahasa Pada Batita

Berikut Perkembangan Bahasa Pada Batita

  • Kosa kata lebih banyak

Perkembangan bahasa pada batita semakin meningkat sehingga kosa kata yang diucapkan dalam bentuk ocehan kini bertambah banyak. Meskipun masih banyak kata-kata yang tidak terdengar jelas dan sulit untuk diartikan. Latihan yang menyenangkan akan membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada batita Anda.

  • Kata-kata yang diucapkan lebih dimengerti

Pada periode sebelumnya kata-kata yang diucapkan anak mungkin terdengar masih kurang jelas sehingga terkadang membuat Anda bingung untuk mengartikannya. Pada tahapan ini kata-kata yang diucapkan oleh batita perlahan menjadi sebuah kata yang utuh dan lengkap.

  • Lebih banyak suku kata

Kata-kata yang diucapkan oleh batita kini semakin jelas dengan suku kata yang memanjang. Maka dari itu pada periode ini Anda bisa mencoba memperkenalkan atau mengulang beragam suku kata. Perhatikan bagaimana cara bayi mengucapkan kata-kata tersebut. Terkadang kosa kata yang diucapkannya akan membuat kita tertawa karena ucapan batita belum sepenuhnya jelas.

  • Batita lebih mengerti

Batita mulai mengikuti percakapan dan ucapan orang disekitarnya seakan-akan mengerti dengan apa yang diucapkan. Anak batita berusaha mengerti dan menangkap inti percakapan meskipun mereka tidak terlibat di dalamnya. Hal ini terlihat dari respon mereka ketika terfokus dengan orang yang sedang berbicara.

  • Lebih tanggap terhadap kata-kata yang diucapkan tanpa gerak isyarat

Perlu Anda ketahui bahwa anak batita tidak hanya berbicara dengan menggunakan bahasa isyarat, akan tetapi batita juga berpikir dengan cara mereka sendiri. Pada usia sebelumnya batita akan mengerti dengan apa yang diucapkan sang ibu apabila disertai dengan gerakan. Nah, ketika memasuki usia 18 bulan batita bisa lebih mengerti dengan ucapan sang ibu yang tidak disertai gerakan.

  • Menggunakan ucapan untuk berinteraksi

Pada usia sebelumnya Anda mengajarkan batita tentang bahasa isyarat dengan perpaduan gerakan. Secara tidak langsung kebiasaan yang Anda ajarkan direkam oleh bayi sehingga ketika memasuki tahapan ini batita akan kembali mengingat asosiasi kosa kata dengan tingkah laku tersebut. Batita akan menggunakan bahasa yang mereka pelajari untuk berinteraksi dengan Anda seperti ketika minta makan atau minta disusui.

  • Nyanyian pertama

Usianya kini bertambah dan kemampuan dalam berbahasa pun semakin meningkat. Anak Anda kini mulai mengeluarkan ocehan dengan sedikit sentuhan nada dan bersenandung. Nyanyian pertama ini merupakan salah satu bentuk perkembangan berbahasa pada batita Anda. Batita berusaha untuk mempraktekan hal baru yang mereka dengar dari televisi ataupun radio. Terkadang suara lucu batita saat bernyanyi membuat Anda tertawa dan membuat Anda senang karena kini si kecil mulai tumbuh.

Related Posts

Share This