Kenali Penyebab Kebiasaan Bayi Sering Buang Angin

Buang angin merupakan salah satu proses alamiah yang terjadi pada tubuh. Proses ini tentunya dialami oleh setiap orang, tak terkecuali bayi. Anda tidak perlu khawatir ketika si kecil sering buang angin karena proses tersebut sebagai salah satu upaya untuk mengeluarkan gas yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Buang angin pada bayi merupakan hal yang wajar, namun jika kondisi tersebut terjadi terlalu sering maka Anda harus mengetahui penyebab dan cara menanganinya. Penyebab bayi sering buang angin bisa saja karena terlallu banyak kgas yang masuk ke dalam tubuh pada waktu menyusui. Adanya gas yang menumpuk terkadang akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan cenderung rewel.

Dalam mengklasifikasikan buang angin terus pada bayi, Anda harus mengetahui perbedaannya dengan kondisi normal. Si kecil sering buang angin akibat dari produksi gas di dalam perutnya terjadi secara berlebihan. Faktor penyebabnya bisa berasal dari makanan atau ketika proses menyusui berlangsung. Adanya udara yang tertelan mengakibatkan terjadinya penumpukan gas di dalam perut bayi.

Pada waktu menyusui, kandungan laktosa dari ASI akan mempengaruhi pencernaan bayi sehingga terjadi proses fermentasi yang menghasilkan gas. Kondisi seperti ini biasanya lebih sering dialami oleh bayi yang berusia dibawah 4 bulan.

Buang angin yang terlalu sering pada bayi bukan sebagai indikasi penyakit. Kondisi tersebut hanya akan mengakibatkan ketidaknyamanan pada bayi. Dalam hal ini sebaiknya Anda segera memberikan penanganan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Cara Mengatasi Sering Buang Angin Pada Bayi

Dalam mengatasi sering buang angin pada bayi, berikut ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan:

  1. Anda bisa membantu mengeluarkan angin dari perut si kecil dengan cara menepuk bagian punggung secara lembut. Tepuk-tepuk punggung bayi selama kurang lebih 3 menit sampai angin yang menumpuk di dalam perutnya benar-benar keluar.
  2. Sebaiknya Anda tidak memberikan susu botol untuk bayi karena hal tersebut memicu penumpukan gas di dalam perut si kecil. Alangkah lebih baiknya jika Anda memberikan ASI untuk si kecil.
  3. Ketika si kecil rewel dengan kondisi buang gas yang terlalu sering, gunkanlah minyak telon atau minyak kayu putih untuk membuat perutnya terasa hangat dan nyaman.
  4. Jika bayi Anda sudah mendapatkan MPASI makan sebaiknya lebih selektif untuk memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi oleh si kecil. Hindari jenis makanan yang mengandung banyak gas karena bisa menyebabkan perut si kecil merasa tidak nyaman.

Jika Bayi Anda mengalami kondisi sering buang angin secara terus menerus maka sebaiknya jangan panik dana segera lakukan penanganan dengan cara yang tepat. Jika kondisinya tak kunjung membaik maka segera berkonsultasi dengan dokter.

Related Posts

Share This