Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pada Bayi Baru Lahir

Jerawat bayi merupakan suatu kondisi dimana munculnya bintik-bintik merah pada kulit bayi. Kondisi tersebut biasanya muncul 2 – 4 minggu pasca persalinan. Menurut sebuah research bahwa 20% bayi yang baru lahir mengalami kondisi tersebut. Jerawat bayi biasanya timbul di bagian leher, wajah, lengan dan bahkan tubuh bagian belakang atau punggung. Jerawat bayi sepintas hampir mirip dengan ruam.

Jerawat pada bayi akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 4 bulan serta tidak akan meningglakna bekas atau noda hitam. Jerawat bayi bisa berlangsung selama kurang lebih 3 tahun, namun kasus tersebut jarang sekali terjadi. Dalam kasus yang sering terjadi, jerawat bayi akan hilang dalam waktu 1 tahun.

Penyebab Jerawat Pada Bayi

Penyebab jerawat pada bayi secara umum diakibatkan oleh perubahan hormone yang mempengaruhi kinerja dari kelenjar minyak pada kulit bayi. Penyebab utama dari munculnya jerawat pada bayi yaitu hormone androgen. Hormon tersebut akan masuk ke dalam tubuh bayi melalui plasenta pada waktu di dalam kandungan dan melalui ASI. Hormon tersebut akan menstimulasikan kelenjar minyak pada bayi sehingga muncul jerawat.

Penyebab lain jerawat pada bayi yaitu kebiasaan ibu hamil dalam mengkonsumsi obat-obatan pada waktu hamil dan menyusui. Salah satu jenis obat tersebut yaitu anti depresan, obat kontrasepsi dan steroid. Nah, maka dari itu selama menjalani masa kehamilan dan proses menyusui sebaiknya menghindari konsumsi obat-obatan karena bisa berdampak terhadap kesehatan Anda dan bayi.

Kiat Menghilangkan Jerawat Pada Bayi

Jerawat yang muncul pada kulit bayi tentunya membuat Anda merasa cemas dan khawatir. Namun perlu Anda ketahui bahwa jerawat pada bayi akan hilang dengan sendirinya. Timbulnya jerawat merupakan hal yang bersifat alami dan tidak membahayakan kesehatan si kecil.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat pada bayi, diantaranya yaitu:

  1. Senantiasa menjaga kebersihan kulit bayi, gunakan sabub khusus untuk bayi dan keringkan kulit bayi menggunakan handuk dengan kain lembut.
  2. Hindari menyentuh dan memencet bintik merah/jerawat pada kulit bayi karena beresiko menyebabkan iritasi serta infeksi.
  3. Jika bayi Anda berjerawat, jangan sesekali menggunakan baby oil ataupun cream.
  4. Apabila bayi Anda berjerawat, hindari penggunaan baju dengan kain yang tebal. Alangkah lebih baiknya gunakan baju dengan kain katun sehingga lbisa menyerap keringat dan tidak memicu lembab.
  5. Perhatikan pola makan Anda selama menyusui bayi, hindari makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat.
  6. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit ataupun dokter anak.

Demikian penyebab dan cara mengatasi jerawat pada bayi. Yang terpenting untuk mengatasi jerawat pada bayi adalah dengan senantiasa selalu menjaga kebersiihan kulit bayi dan usahakan supaya kulit si kecil tidak lembab. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517