Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Bayi Yang Lengket

Mata yang lengket karena dipenuhi oleh kotoran atau belek membuat bayi kesulitan untuk membuka mata. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada bayi saat bangun tidur di pagi hari. Anda tidak perlu khawatir karena belekan pada bayi merupakan hal yang wajar. Hal ini karena kelenjar air mata pada bayi belum sepenuhnya berfungsi dengan sempurna sehingga katup air mata masih tertutup di bagian saluran air mata yang terhubung dengan hidung. Timbulnya belek akibat dari sumbatan air mata yang seharusnya mengalir ke hidung menumpuk di kelopak mata.

Mata lengket yang disebabkan oleh kondisi abnormal biasanya disertai dengan menumpuknya cairan keruh pada mata. Apabila keadaan tersebut berlangsung terus menerus sebaiknya segera dilakukan penanganan dan pemeriksaan ke dokter untuk mencegah kondisi yang lebih parah. Namun tidak ada salahnya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu faktor yang menyebabkan hal tersebut sehingga lebih mudah untuk melakukan penanganan.

Penyebab Mata Lengket Pada Bayi

  • Infeksi pada waktu persalinan

Mata lengket pada bayi bisa saja terjadi akibat dari infeksi kuman dan bakteri pada waktu persalinan. Kondisi kesehatan yang sedang bermasalah pada waktu melakukan persalinan sangat beresiko mengakibatkan infeksi pada bayi. Salah satu contoh yang memungkinkan infeksi tersebut yaitu kondisi organ kewanitaan yang tidak sehat atau terjadi infeksi sehingga menular pada bayi. Gejala mata lengket yang timbul akibat infeksi kuman ini yaitu terdapat cairan mata berlebih yang berwarna kuning atau kehijauan yang disertai bau. Kondisi yang lebih parah biasanya terjadi pembengkakan dan kemerahan pada mata.

  • Kontaminasi persalinan

Kontaminasi yang terjadi saat berlangsungnya persalinan mengakibatkan mata bayi lengket dan sering belekan. Kontaminasi air ketuban ataupun darah pada waktu persalinan menyebabkan mata terlihat keruh atau kecoklatan, namun tidak berbau. Untuk menghindari kondisi yang lebih parah, Anda bisa membersihkan mata bayi dan segera berkonsultasi dengan dokter.

  • Adanya kelainan anatomis

Penyebab selanjutnya yaitu adanya gangguan anatomis yaitu air mata yang terletak diantara saluran penghubung dengan hidung tersumbat. Hal ini tentunya menyebabkan air mata menumpuk dan kotoran mudah menempel sehingga terjadi belekan yang menutupi mata bayi. Dalam hal ini mata si kecil cenderung berair dan mengeluarkan belek berlebih di pagi hari setelah bangun tidur.

Mengatasi Mata Lengket Pada Bayi

Dalam menangani mata bayi yang lengket harus dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak akan memperparah kondisinya. Beritkut tips menangani dan membersihkan mata bayi yang lengket.

  • Untuk mencegah kondisi yang lebih parah sebaiknya Anda memastikan kebersihan tangan sebelum menyentuh dan membersihkan mata si kecil. Membersihkan mata si kecil bisa Anda lakukan pada waktu memandikannya.
  • Gunakanlah kapas atau kain lembut yang dibasahi oleh air hangat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada mata bayi.
  • Bersihkan mata bayi dengan cara yang benar yaitu mengusapnya dari bagian tengah menuju ke bagian luar mata.
  • Jauhkan bayi dari polusi dan debu yang akan memperparah kondisi belekan pada bayi dan pastikan ruangan tempat tinggal bayi selalu dalam keadaan bersih dan terbebas dari debu.
  • Berikan ASI sebagai makanan utama bayi. ASI memiliki kandungan zat yang bisa melawan infeksi bakteri dan kuman.

Jika kondisi belekan pada bayi semakin parah dan tak kunjung sembuh setelah dilakukan penanganan di rumah maka sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik. Selain itu, jangan pernah menggunakan cairan mata pembersih mata tanpa anjuran dan resep dari dokter ahli.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517