Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan

Setiap orang tentunya pernah mengalami yang namanya cegukan. Meskipun biasanya cegukan identik dengan bayi. Namun sebenarnya cegukan bisa dialami oleh setiap orang tanpa memandang usia. Tua, muda dan anak-anak bisa saja mengalami cegukan. Biasanya cegukan terjadi secara tiba-tiba dan terkadang faktor penyebabnya tidak jelas. Bisa saja hal ini Anda alami ketika sedang makan atau bahkan saat dalam kondisi cuaca dingin. Cegukan memang tidak membahayakan kesehatan, akan tetapi kondisi ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan Anda sehingga penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi cegukan dengan benar.

Adapun Penyebab Cegukan Yaitu Sebagai Berikut

  1. Kekurangan Asupan Cairan

Salah satu penyebab terjadinya cegukan yaitu karena kekurangan cairan. Kondisi ini lebih tepatnya sering terjadi pada waktu makan. Kekurangan cairan menyebabkan makanan tidak terdorong secara maksimal ke perut.

  1. Kebiasaan Makan Terburu-buru

Tidak mengherankan jika Anda mengalami cegukan saat makan terburu-buru atau sambil ngobrol. Cegukan terjadi akibat adanya oksigen yang masuk secara mendesak ke dalam paru-paru sehingga mempengaruhi diafragma. Terlebih lagi ada makanan yang masuk maka terjadilah cegukan an tersedak.

  1. Perubahan Suhu

Penyebab lain cegukan yaitu perubahan suhu yang terjadi secara tiba-tiba, terutama suhu dingin. Mengatasi penyebab ini cukup dengan mengkonsumsi minuman hangat.

  1. Penyedap Makanan

Pada saat mengkonsumsi makanan pedas terkadang Anda akan mengalami cegukan dan tersedak. PAda dasarnya hal ini merupakan suatu kondisi yang terbilang cukup wajar. Makanan pedasa atau asam bisa memicu diafragma berkontraksi secara tiba-tiba sehingga terjadilah cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan

Walaupun cegukan bukan kondisi yang membahayakan, namun jika berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan tak kunjung hilang maka perlu diwaspadai karena bisa saja hal tersebut sebagai penanda adanya gangguan dan kelainan pada tubuh. Adapun cara untuk mengatasinya yaitu sebagai berikut:

  • Minumlah air secara perlahan untuk mengembalikan kestabilan diafragma sehingga pelan-pelan akan meredakan gejala cegukan.
  • Konsumsi air perasan lemon atau jeruk nipis. Menurut sebuah riset membuktikan bahwa cara ini dinilai lebih efektif dalam mengatasi cegukan.
  • Kunyah dan telan gula. Mengapa gula? Menurut riset bahwa gula memiliki kemampuan untuk mmengirinkan sinyal menuju serabut otak untuk menghambat lengkung refleks yang merupakan penyebab cegukan.
  • Tekan hidung dan bernafas melalui mulut. Kemudian tahan selama beberapa menit. Cara ini terbilang efektif untuk menghentikan cegukan.
  • Jika cegukan terjadi pada bayi maka Anda bisa mengatasinya dengan cara menggendong bayi dalam posisi tegak dan tepu-teouk bagian punggungnya.
  • Cara terakhir yaitu dengan berbaring dan posisi lutut ditekuk ke bagian perut. Lakukan cara ini minimal 1 menit hingga cegukan hilang.

Demikian cara dan tindakan untuk mengatasi cegukan yang bisa Anda praktekan. Semoga bermanfaat! Salam sehat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517