Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Kulit bayi masih sangat lembut dan sensitif sehingga rentan terjadi iritasi. Kebersihan kulit bayi harus senantiasa di jaga untuk mencegah terjadinya infeksi kuman dan bakteri. Kulit bayi biasanya sangat rentan terhadap alergi, baik itu alergi debu ataupun alergi makanan tertentu. Para orangtua tentunya akan merasa panik dan khawatir ketika mendapati bintik merah pada kulit si kecil. Bintik merah yang muncul bisa menjadi indikasi alergi. Hal ini karena kelenjar minyak pada kulit bayi belum berfungsi dengan sempurna.

Faktor penyebab munculnya bintik pada wajah bayi sangat beragam seperti kondisi cuaca, alergi makanan atau debu dan genetik. Bintik merah yang muncul pada permukaan kulit bisa menimbulkan rasa gatal sehingga membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Untuk memudahkan Anda dalam mencari solusi untuk mengatasi kondisi tersebut, sebaiknya Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Beberapa Penyebab dan Langkah Penanganan Yang Bisa Anda Lakukan

  1. Faktor makanan

Bintik merah pada kulit bayi bisa disebabkan oleh faktor makanan. Salah satu sumber makanan yang bisa mengakibatkan bayi alergi yaitu susu sapi. Protein yang terkandung pada susu sapi menjadi pemicu utama yang menyebabkan bintik merah pada kulit bayi. Disamping itu gejala lain yang muncul yaitu muntah dan diare. Untuk mengatasi hal tersebut Anda harus lebih selektif dalam memberikan makanan untuk bayi. Jika si kecil masih menyusu dan belum mendapatkan MPASI maka sebaiknya Anda lebih hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Hindari sumber makanan yang bisa memicu alergi pada bayi.

  1. Faktor genetik

Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab yang sulit untuk dihindari. Cara yang paling efektif untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menjauhkan si kecil dari hal-hal yang bisa memperparah kondisinya. Anda harus lebih hati-hati dan mengetahui sumber alergi, baik itu dari makanan ataupun dari kondisi lingkungan.

  1. Biang keringat

Penyebab bintik merah pada permukaan kulit bayi selanjutnya yaitu biang keringat. Biasanya bintikmerah tersebut muncul di permukaan kulit wajah dan bagian tubuh lainnya. Biang keringat biasanya disertai dengan gatal-gatal sehingga membuat si kecil menjadi rewel. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda senantiasa menjaga kebersihan kulit bayi. Selain itu jangan mengenakan pakaian yang tebal pada bayi karena bisa memicu keringat. Pilihlah pakaian yang tipis, longgar dan berbahan dasar katun.

  1. Popok dalam keadaan kotor

Popok yang kotor dan tidak segera diganti akan memicu bakteri untuk berkembangbiak sehingga mengakibatkan munculnya bintik merah pada kulit bayi yang disertai dengan gatal-gatal. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya Anda rutin memeriksa dan segera mengganti popok bayi yang kotor.

  1. Jerawat bayi

Bintik pada wajah bayi merupakan indikasi jerawat. Perlu Anda ketahui bahwa sisa-sisa hormone yang terbawa dari dalam rahim bisa menjadi pemicu jerawat pada bayi. Jerawat bayi biasanya muncul dipermukaan kulit wajah, dagu atau dahi bayi. jerawat ini bisa hilang dengan sendirinya, namun Anda harus senantiasa menjaga kebersihan kulit bayi. Jangan menekan jerawat tersebut karena bisa memperparah dan menyebabkan infeksi.

Apabila kondisi bintik merah pada kulit bayi semakin parah maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Jangan menganggap sepele bintik merah pada kulit bayi karena bisa saja kondisi tersebut memicu infeksi yang lebih parah.

Related Posts

Share This