Kenali Penyebab Bayi Menangis Terus

Memang benar, memiliki seorang bayi merupakan satu hal yang menyenangkan bagi bunda, namun tidak jarang kita di buat cemas dan khawatir olehnya. Apalagi ketika bayi menangis terus, tanpa bunda ketahui pasti penyebabnya apa. Ketika si kecil terus menerus menangis, pastinya bunda akan panik, apa yang terjadi dengan si kecil? Apa yang ia rasakan? Dan seribu pertanyaan lainnya yang menghampiri benak bunda. Dan ketika si kecil tengah menangis, terkadang bunda akan merasakan stress bukan kepalang. Dikarenakan bunda tidak tahu harus seperti apa menangani si kecil yang tengah menangis ini.

Pada dasarnya, tangisan si kecil merupakan salah satu cara yang ia lakukan untuk meminta perlindungan dirinya dari sang bunda, bukan hanya itu, menangis juga merupakan bentuk dari komunikasi yang si kecil lakukan. Dan bunda tidak perlu khawatir mengenai penyebab bayi menangis. Tangis si kecil akan dengan mudah berhenti, jika bunda mengetahui penyebabnya. Dikarenakan bayi belum bisa berbicara, lantas bagaimana caranya agar bunda bisa memahami bentuk tangisan si kecil?

penyebab bayi menangis

Ada diantaranya beberapa penyebab mengapa bayi sering menangis. Dan ketika si kecil menangis terus-menerus, ada beberapa langkah yang bisa bunda ambil guna mengatasi tangisan si kecil ini. Dan berikut ini ada beberapa penyebab mengapa bayi menangis terus, yaitu sebagai berikut:

  1. Bayi Lapar

Lapar merupakan penyebab umum kenapa bayi menangis. Ketika bayi menangis, maka bunda bisa mengambil langkah untuk memberikannya ASI atau susu formula bagi bayi, khususnya ketika bunda belum memberikannya ASI atau sufor dalam rentan waktu dua sampai tiga jam.

  1. Bayi Kepanasan/kedinginan

Ketika bunda memegang leher bagian belakang si kecil terasa panas, mungkin hal ini dikarenakan susu ruangan yang terlalu panas baginya. Ketika hal tersebut terjadi, maka boleh bagi bunda untuk melepas baju yang di gunakan si kecil. Dan sebaliknya, jika keadaan tangan atau bahkan kaki si kecil terasa dingin, mungkin ia merasa kedinginan, dan bunda bisa menambahkan tilam tidurnya dan berikan ia baju hangat serta selimbut guna menambahkan kehangatan untuk tubuhnya.

  1. Popok kotor

Bunda harus segera mengganti popok si kecil jika di rasa kotor atau bahkan basah. Hal ini sangat penting untuk bunda lakukan, mengingat popok yang kotor ataupun basah bisa menyebabkan si kecil terserang gatal-gatal.

  1. Bayi Bosan

Ketika si kecil menangis, maka bunda bisa mencoba untuk menggendongnya, karena bisa saja si kecil merasakan bosan dalam posisinya berbaring. Ketika itu bunda juga bisa mengajaknya berbicara dan bawalah si kecil ke tempat lain di mana ia bisa meliaht suasana yang lain.

  1. Bayi Merasa sakit

Dalam hal ini, bunda harus cermat dalam mengetahui sumber penyebab rasa sakit yang di alami si kecil. Rasa sakit itu bisa ia rasakan karena sakit perut, gigi yang hendak tumbuh, atau bahkan serangan penyakit lainnya.

  1. Bayi merasa takut dan perasaan lain

Si kecil menangis itu bisa juga dikarenakan ia mendengarsuara yang di rasanya menakutkan, melihat orang asing bagi dirinya, atau bahkan karena mainannya jauh dari jangkawannya. Dalam kasus ini, bunda bisa menghentikan tangisnya dengan cara menggendong dan menghibur hati si kecil.

  1. Stimulasi yang berlebihan

Si kecil juga akan terus menangis ketika ia merasa tidak tahan mendengar suara gaduh yang di dengarnya terus-menerus atau bahkan aktivitas yang lerlebihan. Jika hal ini terjadi kepadan si kecil, maka bunda bisa seegra membawa si kecil ke tempat yang jauh lebih tenang.

Nah, itulah beberapa penyebab bayi menangis terus, semoga dengan artikel yang kami posting kali ini bisa membantu bunda dalam memahami tangisan si kecil. Semoga berhasil!

Related Posts

Share This