Kenali Manfaat Jahe Untuk Ibu Hamil

Selain sebagai bumbu masak, jahe biasanya disebut sebagai tanaman obat keluarga yang bisa ditanam di halaman rumah. Banyak orang yang mengenal jahe hanya sebatas obat herbal untuk mengatasi masuk angin ataupun perut kembung. Namun ternyata khasiat dan manfaat jahe untuk ibu hamil juga sangat banyak.

Banyak ibu hamil yang tidak mengetahui manfaat jahe karena sebagian lebih percaya mitos yang melarang ibu hamil untuk mengkonsumsi jahe. Mitos yang beredar di masyarakat menyatakan bahwa jahe bisa menimbulkan rasa panas sehingga bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Nah, maka dari itu pada kesempatan ini penulis akan mengulas dan berbagi informasi mengenai manfaat tersebut bagi ibu hamil sehingga bisa mengatasi keraguan.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil yaitu gangguan pencernaan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka bisa mengkonsumsi air jahe secara teratur. Perlu Anda ketahui bahwa jahe mengandung enzim protease dan lipase untuk membantu kesehatan pencernaan. Enzim tersebut memiliki kemampuan dalam mencerna lemak serta protein sehingga pencernaan ibu hamil menjadi lancar. Konsumsilah air jahe sebelum Anda makan.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi sering terjadi pada ibu hamil. Hal ini tentunya sangat berbahaya dan beresiko bagi kehamilan. Jahe memiliki kemampuan dalam menstimulus pelepasan hormone adrenalin untuk melancarkan sirkulasi darah. Selain itu jahe akan mencegah penyempitan pembuluh darah sehingga kinerja jantung menjadi lebih ringan.

Mengatasi Mual

Gejala morning sickness sering terjadi diawal kehamilan sehingga kondisi tersebut sangat beresiko bagi kesehatan ibu hamil. Untuk mengatasi mual dan muntah, konsumsilah air jahe karena mengandung minyak atsiri/zingeron yang akan mengatasi mual dan membuat perut ibu hamil terasa lebih nyaman.

Meredakan Maag

Kadar asam lambung bisa mengalami peningkatan ketika hamil, hal ini dipengaruhi oleh hormone kehamilan. Ibu hamil sering menderita penyakit maag akibat kenaikan asam lambung tersebut. Nah, mengatasi maag saat hamil maka Anda bisa mengkonsumsi air jahe secara teratur.

Mengatasi Stres

Pengaruh lingkungan yang tidak stabil dan juga perubahan hormone seringkali membauta ibu hamil dikanda stres. Padahal sebenarnya stres bisa berdampak buruk terhadap kehamilan. Untuk mengatasi hal tersebut maka cobalah untuk menghirup aroma jahe sehingga akan membuat pikiran dan perasaan Anda lebih rikleks.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Jahe mengandung vitamin C dan sifat anti bakteri yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan sistem imun yang baik maka ibu hamil akan terhindar dari penyakit berbahaya selama menjalani proses kehamilan tersebut.

Menjaga Nafsu Makan

Akibat gejala mual dan muntah biasanya membuat nafasu makan ibu hamil menurun secara drastis sehingga dikhawatirkan janin di dalam kandungan akan mengalami permasalahan dalam hal pertumbuhan. Jahe mengandung zingeron yang berguna untuk menjaga dan membangkitkan nafsu makan selama hamil.

Related Posts

Share This