Kenali Lebih Jauh Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat jambu biji mungkin sudah tidak asing lagi dan banyak yang mengetahuinya. Jambu biji bisa dikatakan sebagai salah satu jenis buah yang tinggi akan kandungan vitamin C jika dibandingkan dengan jenis buah yang lainnya.

Daging buahnya yang merah dan rasanya manis merupakan kelebihan yang dimiliki oleh jambu biji selain kandungan nutrisinya. Tidak heran jika buah yang satu ini banyak digemari oleh banyak orang. Harga jambu biji juga terbilang sangat ekonomis dan mudah diperoleh.

Bahkan jambu biji bisa ditanam dengan mudah di pekarangan rumah. Buah yang satu ini bisa berbuah kapan aja atau tidak ada musim khusus. Jambu biji bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus yang menyegarkan serta kaya manfaat.

Ukuran jambu biji tentunya sangat bervariasi dengan diameter mulai 2,5 hingga ukuran 10 cm. Selain dikenal dengan rasanya yang manis, jambu biji merah kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Nutrisi utama yang terdapat pada jambu biji yaitu vitamin A dan vitamin C.

Jika dibandingkan dengan jeruk, maka kandungan vitamin C pada jambu biji lebih tinggi. Vitamin C yang terdapat pada jambu biji terdapat pada bagian daging buah bagian luar dan kulitnya. Kandungan vitamin C tersebut akan mencapai kadar maksimal menjelang matang.

Jambu biji juga mengandung serat yang mudah larut dalam air yaitu pectin. Manfaat serat ini untuk menurunkan kadar kolesterol. Proses kerjanya yaitu dengan mengikat kolesterol dengan asam pada empedu kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh.

Menurut hasil riset di salah satu instansi kesehatan menyebutkan bahwa peran jambu biji dalam menurunkan kolesterol pada penderita hipertensi esensial sangat efektif. Mungkin buah ini terlihat sederhana namun khasiatnya luar biasa.

Ragam Khasiat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Dari hasil penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa jambu biji tergolong buah yang kaya akan antioksidan tinggi. Apabila dijadikan sebagai salah satu bagian menu pelengkap makanan setiap hari maka sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.

Dengan mengkonsumsi buah jambu biji maka akan membantu kesehatan jantung dengan mengendalikan kolesterol dan tekanan darah. Hal ini karena jambu biji memiliki kandungan kalium. Seperti yang kita ketahui bahwa kalium adalah salah satu lektrolit yang sangat penting untuk proses reaksi listrik pada tubuh termasuk jantung.

Menurut riset mengatakan bahwa hanya dengan konsumsi jambu biji sebanyak 0,5 hingga 1 kg per hari selama 1 bulan maka bisa menurunkan resiko penyakit jantung hingga 16%. Luar biasa sekali bukan khasiat buah yang satu ini.

Kandungan likopen pada jambu biji bisa melindungi tubuh dari efek mematikan kanker usus besar, kanker tenggorokan, kanker rongga mulut dan jenis kanker lainnya. Lalu apa lagi manfaat yang bisa diperoleh?

Khasiat lainnya yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi penyakit, membantu menyembuhkan luka, kesehatan gusi dan gigi. Konsumsilah jambu biji secara rutin dan teratur setiap harinya.

Setelah kita mengetahui berbagai macam manfaat jambu biji yang sangat luar biasa maka tidak ada salahnya jika menjadikan buah yang satu ini sebagai bagian dari konsumsi sehari-hari. Buah jambu biji bisa diperoleh dengan mudah di penjual buah. Bahkan bisa ditanam dihalaman rumah dan bisa berbuah sepanjang musim.

Demikian manfaat luar biasa jambu biji untuk kesehatan. Semoga ulasan ini bermanfaat. Salam sehat selalu.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517