Kenali Jenis Makanan Yang Berbahaya dan Bisa Anda Temui di Dapur

Dapur merupakan tempat untuk memasak atau mengolah makanan sehingga tidak mengherankan jika terdapat banyak bahan pangan. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua bahan pangan aman untuk kesehatan. Ada beberapa jenis makanan yang berbahaya dan bersifat toksik yang bisa Anda jumpai di dapur.

Makanan yang berbahaya sejatinya akan memberikan dampak bagi kesehatan tubuh. Sebisa mungkin makanan tersebut jangan dikonsumsi karena efeknya tidak baik. Bahkan makanan sehat juga bisa berpotensi racun dan membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan atau cara pengolahan yang salah.

Lalu apa saja jenis makanan yang berbahaya bagi tubuh yang bisa ditemui di dapur? Berikut ini simak penjelasan lengkapnya.

Pala

Rempah yang satu ini memang biasa digunakan untuk memasak. Namun tahukah Anda bahwa pala bersifat halusinogen yang bisa menimbulkan efek halusinasi. Hal ini karena pala mengandung myristicin. Jika penggunaanya sedikit dan tepat tidak menjadi masalah. Namun jika digunakan berlebihan maka bisa menimbulkan gejala seperti pusing, muntah, berkeringat dan sakit kepala. Bahkan pada sebagian kasus ada yang sampai meninggal.

Buah Berbiji

Pada waktu kecil pernahkah Anda ditakut-takuti supaya tidak mengkonsumsi biji dari buah-buahan seperti apel ataupun aprikot. Hal ini memang benar adanya bahwa biji pada buah-buahan mengandung amygdalin. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar bisa menyebabkan koma atau gagal ginjal.

Kentang

Makanan yang satu ini merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Akan tetapi sebaiknya hindari kentang yang kehijauan karena jenis ini jika disimpan terlalu lama berpotensi menyababkan keluhan seperti koma, sakit kepala dan diare. Hal ini karena kentang hijau mengandung glycoalkaloids.

Tuna

Pada dasarnya tuna merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan nutrisi seperti asam lemak omega-3 yang berguna untuk kesehatan tubuh. Namun jenis ikan ini dikhawatirkan mengandung merkuri sehingga berbahaya bagi kesehatan. Bahaya yang ditimbulkan yaitu bisa terjadi pada otak dan ginjal.

Kacang Mete

Kacang mete yang tidak diolah dengan benar bisa berpotensi sebagai racun bagi tubuh. Hal ini karena kacang mete mangandung urushiol yang sangat beracun bagi tubuh jika masuk dengan kadar yang cukup tinggi. Bahkan akibat tingginya urushiol bisa mengancam keselamatan jiwa yang mengkonsumsinya.

Almond Pahit

Kacang almond memiliki dua variasi yaitu almond manis dan almond pahit. Nah, jenis almond pahit sebaiknya Anda hindari karena bisa berpotensi racun bagi tubuh. Hal ini karena almond pahit mengandung hydrogen sianida yang bisa berakibat fatal untuk kesehatan.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang berbahaya bagi tubuh yang merupakan bahan-bahan yang sering kita temui di dapur sebagai rempah untuk memasak. Jika tidak berlebihan masih terbilang aman untuk tubuh, namun tetap harus diwaspadai.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517