Kenali Jenis Makanan Mengandung Asam Folat

Berbicara tentang makanan tentunya hal ini berkaitan dengan kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa makanan adalah salah satu komponen yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Mengapa demikian? Hal ini karena makanan masuk secara langsung kedalam tubuh sehingga akan diserap oleh tubuh dan hal itu mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh. Oleh karena itu dalam memilih makanan sebaiknya dilakukan dengan selektif supaya kesehatan tubuh terjaga dengan baik. Perhatikan kandungan gizi dan higienitas dari makanan yang akan dikonsumsi. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan mengandung asam folat.

Dalam memilih makanan tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Jangan hanya mengutamakan rasa dari makanan yang Anda santap, namun perhatikan juga kandungan gizi dari makanan tersebut. Pada era modern seperti saat ini banyak sekali jenis makanan sehat dengan mharga mahal akan tetapi rendah kandungan gizi. Malah yang ada membahayakan kesehatan dan memicu timbulnya penyakit yang berbahaya.

Salah satu jenis nutrisi yang harus terpenuhi dari makanan adalah asam folat. Apa itu asam folat? Asam folat merupakan sejenis vitamin B yang bisa larut dalam air. Apa manfaat asam folat? Manfaat dari asam folat adalah untuk membantu proses metabolisme serta perkembangan sel sel tubuh.  Banyak jenis makanan yang mengandung asam folat dan terkadang pentingnya asam folat ini seringkali kita abaikan. Padahal pengaruhnya untuk kesehatan sangat signifikan.

Jenis Makanan Mengandung Asam Folat Untuk Kesehatan Tubuh

Kacang-Kacangan

Salah satu jenis makanan yang mengandung asam folat atau vitamin B9 adalah kacang kacangan. Biji bijian yang satu ini memang sangat kaya akan kandungan asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan selain asam folat, kacang kacangan juga kaya akan kandungan vitamin D yang tentunya tidak kalah pentingnya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Hampir semua jenis kacang mengandung asam folat seperti kacang hijau, kacang merah, kacang tanah dan lain sebagainya.

Buah-Buahan

Selanjutnya jenis buah buahan yang kaya akan kandungan asam folat. Jenis buah yang tinggi akan kandungan asam folat yaitu alpukat, mangga, pisang, melon, buah jeruk dan lainnya. Buah-buahan yang kaya akan asam folat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dalam menjaga kesehatan selama hamil dan juga kesehatan janin. Selain untuk ibu hamil, asam folat pada buah buahan ini sebaiknya dikonsumsi setiap hari guna menjaga daya tahan tubuh.

Kelompok Sayuran

Tidak hanya buah buahan, sayuran juga mengandung asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti bayam, kubis, brokoli, selada, asparagus dan sayuran hijau lainnya. Semua jenis sayuran yang mengandung asam folat tinggi sangat diharuskan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil guna menjaga kesehatan ibu dan janin.

Hati Hewan

Ternyata hati hewan juga kaya akan kandungan asam folat seperti hati sapi atau ayam. Banyak sekali kandungan asam folat pada jenis makanan ini. TIdak perlu ragu untuk mengkonsumsinya karena hati sangat baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi makanan ini secara teratur untuk mencukupi kebutuhan asam folat harian tubuh.

Biji Bunga Matahari

Yang selanjutnya yaitu biji bunga matahari atau yang sering kita kenal dengan sebutan kwaci. Biasanya camilan yang satu ini sangat cocok dikonsumsi saat santai atau nonton tv. Biji bunga matahari ternyata sangat tinggi akan kandungan asam folat sehingga kwaci ini masuk dalm kategori camilan yang sehat untuk dikonsumsi.

Asam folat sangat penting untuk kesehatan tubuh. Makanan yang mengandung nutrisi yang satu ini sangat penting untuk dikonsumsi. Banyak sekali manfaat dari asam folat jika disebutkan satu per satu mungkin tidak akan cukup. Secara ngaris besar asam folat bisa membantu menjaga sistem imun tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan sel sel kanker yang munkin saja akan menyerang tubuh.

Disamping itu, konsumsi adam folat secara rutin dan teratur bisa meningkatkan kseuburan pada pria dan wanita sehingga bagi Anda yang sedang mendambakan kehamilan sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi. Menjaga kesehatan sejak dini dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi nampaknya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Mulailah hidup sehat saat ini juga!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517