Kenali Jenis Jenis Terapi Psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu gangguan kesehatan berupa peradangan sistemik autoimun yang menyerang bagian kulit. Jenis penyakit ini terbilang kronis dan tidak bisa hilang secara total. Penyakit psoriasis memang belum bisa disembuhkan, namuan ad acara atau terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit tersebut. Biasanya terapi psoriasis disesuaikan dengan tipe atau tingkat keparahannya.

Tidak semua obat cocok untuk mengatasi psoriasis, beberapa pasien hanya membutuhkan metode terapi saja. Terapi untuk mengatasi psoriasis diharapkan bisa meringankan gejala tersebut sehingga penderitanya bisa merasa lebih baik. Lalu apa terapi yang bisa diberikan untuk penderita psoriasis? Berikut ini beberapa terapi psoriasis yang bisa Anda lakukan untuk penderitanya!

Topikal

Salah satu terapi yang bisa diberikan untuk penderita psoriasis yaitu berupa terapi topical. Terapi topical merupakan salah satu obat oles untuk mengatasi bercak-bercak merah yang muncul dipermukaan kulit pasien. Jenis terapi ini merupakan terapi ringan guna membantu penderita psoriasis yang mengalami kelainan kulit kurang dari 3% pada permukaan kulit.

Fototerapi

Terapi selanjutnya yaitu menggunakan metode fototerapi. Apa itu fototerapi? Fototerapi adalah salah satu proses terapi yang menggunakan penyinaran pada kulit pasien psoriasis. Biasanya terapi ini digunakan pada pasien yang sekiranya tidak mempan hanya dengan dikasih obat saja. Namun dalam hal ini fototerapi tidak tersedia di semua rumah sakit. Biasanya hanya ada di beberapa rumah sakit saja.

Pengobatan Non-Medik

Selain menggunakan pengobatan medis, pasien psoriasis juga bisa diberikan pengobatan non-medik. Apa pengobatan yang bisa dilakukan? Dalam hal ini lebih ditekankan pada proses pencegahan oleh pasien itu sendiri. Hindari obat-obatan, stress, cedera fisik dan lain sebagainya.

Sistemik

Pengobatan secara oral atau melalui injeksi merupakan salah satu terapi yang ditujukan untuk penderita psoriasis berat. Terapi ini biasanya digunakan untuk tipe psoriatic, eritroderma, pustulosa dan artritis.

Terapi ini bisa dilakukan atas arahan medis. Jangan mengabaikan gejala psoriasis sebab akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Berikan terapi yang tepat sehingga bisa meringankan gejalanya. Pemeriksaan dan penanganan oleh medis secara tepat akan membantu meringankan gejala tersebut, bahkan jika kondisinya terus membaik maka psoriasis bisa saja sembuh.

Pada saat ini medis memang sedang mengusahakan penanganan yang lebih baik untuk menyembuhkan psoriasis. Gangguan kesehatan ini memang belum ditemukan cara penyembuhan secara total. Hanya bisa dilakukan penanganan untk meredakan gejalanya dan proses pencegahan. Apa yang bisa silakukan untuk mencegah psoriasis?

Seperti yang telah disebutkan diatas, psoriasis bisa dicegah dengan cara menghindari stress, hindari konsumsi obat-obatan seperti obat jantung, terapkan pola hidup sehat dan perhatikan konsumsi makanan sehat sehari-hari. Mencegah merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari psoriasis menyerang bagian kulit.

Terapi psoriasis sebaiknya dilakukan secara rutin dan konsisten jika memang memiliki keinginan untuk sembuh. Ketelatenan dalam melakukan terapi akan menentukan hasil dalam meringankan gejalanya. Konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Dokter akan memberikan terapi secara berkala hingga kondisi pasien benar-benar membaik. Namun jika kondisinya sudah semakin parah maka tindakan yang lebih serius akan diambil oleh dokter.

Psoriasis memang terbilang cukup jarang terjadi, namun tetap saja gangguan kesehatan ini harus diwaspadai karena sewaktu-waktu bisa menyerang dan membahayakan kesehatan kulit. Oleh karena itu terapkan gaya hiduo sehat dan perhatikan kesehatan tubuh bagian luar dan dalam supaya kita terhindar dari risiko gangguan kesehatan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This