Kenali Jenis Jenis Kanker Yang Sering Menyerang Pria

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang terbilang sangat berbahaya dan mematikan. Bahkan munculnya penyakit kanker pada tubuh tidak bisa diketahui atau diprediksi. Biasanya kemunculan kanker baru disadari setelah gejalanya sudah terlampau parah.

Pria dan wanita rentan terkena kanker jika memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Jika dikatakan wanita berisiko tinggi terhadap serangan kanker, maka pria juga memiliki risiko yang sangat besar akan kematian akibat kanker jika dibandingkan dengan wanita.

Jenis jenis kanker sangat banyak seperti kanker darah kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker rahim, kanker paru-paru, kanker usus, kanker getah bening, dan lain sebagainya. Secara umum, semua jenis kanker sangat berbahaya dan bersifat membunuh.

Nah, Berikut Ini Kenali Berbagai Jenis Kanker Yang Sering Menyerang Pria

Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru memegang peringkat pertama sebagai pembunuh. Umumnya pria yang memiliki kebiasaan merokok sangat rentan terkena jenis kanker ini. Secara umum kanker paru-paru ditandai dengan munculnya sel-sel yang abnormal dan tidak terkendali sehingga akan mengganggu kinerja dan fungsi dari paru-paru.

Salah satu upaya terbaik untuk mencegah jenis kanker ini yaitu dengan menghindari asap rokok dan juga kebiasaan dari merokok. Dengan begitu maka resiko kanker paru-paru bisa ditekan dengan sangat baik.

Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang menduduki urutan kedua diantara jenis kanker yang paling banyak membunuh pria. Jenis kanker ini dimulai ketika sel-sel dari kelenjar prostat mulai tumbuh secara tidak terkendali.

Pria yang beresiko terkena jenis kanker ini yaitu yang memiliki riwayat keluarga penderiat kanker dan memiliki kebiasaan hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi junkfood, minuman alcohol, makanan berlemak tinggi dan juga kelebihan berat badan. Selai itu, perokok juga rentan terkena jenis kanker ini.

Kanker Usus Besar

Urutan ketiga dipegang oleh kanker usus besar yang menjadi pembunuh sadis bagi kaum pria. Pemicu utama dari kanker usus besar biasanya berasal dari rectum yaitu bagian usus besar yang sangat dekat dengan anus.

Pria yang berusia sekitar 21 tahun sangat rentan terkena jenis kanker ini. Kebiasaan hidup yang tidak sehat juga menjadi pemicu kanker usus besar. Maka dari itu hindari konsumsi junkfood, alcohol, dan juga hilangkan kebiasaan buruk dari merokok.

Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih juga tergolong jenis kanker yang sangat berbahaya dan membunuh bagi pria. Sel-sel dari kanker kandung kemih akan menyebar melalui lapisan didalam dinding otot kandung kemih. Disamping itu, kanker kandung kemih invasive akan menyebar ke bagian kelenjar getah bening dan bagian organ lainnya didalam tubuh seperti bagian paru-paru. Dalam hal ini diperlukan penanganan yang tepat guna mencegah terjadinya kondisi yang lebih fatal.

Kanker Kulit

Pria usia 15 hingga 39 tahun sangat rentan terkena kanker kulit jika dibandingkan dengan wanita. Kanker kulit akan muncul akibat adanya perkembangan dari sel-sel abnormal di sel kulit. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Nah, demikian beberapa jenis kanker yang umumnya menyerang pria dan sangat membahayakan. Kanker bisa dicegah dan dihindari dengan perilaku dan pola hidup yang sehat setiap harinya. Biasakan untuk berolahraga, konsumsi makanan sehat dan bergizi, hindari rokok, alcohol, makanan yang mengandung lemak tinggi, junkfood dan kebisaan tidak sehat lainnya.

Disamping itu, periksakan diri secara rutin ke dokter bisa mencegah timbulnya kanker yang berkembang menjadi lebih parah. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This