Kenali Gejala Penyakit Sinusitis Pada Si Kecil

Apakah pernah si kecil mengalami batu pilek yang memang tak kunjung sembuh dengan kondisi ingus yang keluar berwarna kuning atau bahkan berwarna kehijauan? Setelah itu, pilek yang dialami si kecil disertai dengan sakit kepala yang kerap menyerang bahkan bada si kecil terasa meriang? Nah, jika kondisi seperti ini terjadi kepada si kecil, jangan pernah bunda menyepelekan hal ini, mengapa? Karena bisa saja gejala tersebut merupakan gejala terjadinya penyakit sinusitis.

penyakit sinusitis

Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada organ sinus yang ada di bagian wajah yang langsung terhubung dengan hidung. Peradangan yang terjadi pada sinus ini bisa menyebabkan penimbunan lender pada bagian rongga sinus bahkan bisa menjadi salah satu media untuk bertumbuhnya bakteri. Dan umumnya hal ini merupakan salah satu akibat dari meluasnya infeksi yang terdapat di dalam hidung, bahkan membuang lendir melalui hidung dengan cara dipaksa mampu mendorong kuman-kuman masuk kepada sinus tersebut.

Gejala sinusitis mungkin di timbulkan dari terjadinya infeksi terhadap sinus atau sinusitis, biasanya hal ini berupa cairan mukosa yang ada di dalam hidung atau di sebut dengan ingus yang memiliki warna kuning atau bahkan kehijauan yang memang disertai dengan rasa nyeri atau perih di bagian wajah serta di sekitar pipi, dahi, mata bahkan hal ini akan meradang sampai ke bagian rahang serta gigi. Biasanya penyakit sinustisi ini akan terjadi setelah bagian saluran pernafasan bagian atas telah terinfeksi oleh bakteri, terlihat setelah terjadinya pilek atau bahkan flu. Sinusitis sendiri bisa di bagi menjadi 3 kelompok, diantaranya yaitu sinusitis akut, sinusitis kronis, dan sinusitis akut kambuhan.

Agar bunda bisa lebih mewaspadai sinusitis yang terjadi pada si kecil, maka berikut ini ada gejala-gejala sinusitis yang harus bunda ketahui dan pahami, yaitu sebagai berikut:

  1. Rasa Nyeri Dibagian Wajah

Gejala awal terjadinya penyakit sinusitis yaitu rasa nyeri tumpul yang terus berdenyut di bagian wajah. Hal ini akan terjadi karena adanya tekanan yang ditimbulkan oleh sejumlah jaringan yang meradang di bagian ujung saraf yang ada di bagian dinding sinus.

  1. Hidung Tersumbat

Di waktu yang bersamaan saat keluarnya ingus dari dalam hidung, sinusitis juga akan memiliki gejala hidung yang tersumbat seperti tengah mengalami flu. Hal ini juga terjadi karena adanya peradangan atau bahkan infeksi yang memang menyebabkan adanya pembengkakan pada area sinus juga hidung di bagian dalam.

  1. Berkurangnya Daya Penciuman

Karena membengkaknya selaput di bagian hidung dalam bisa menghambat penciuman Anda. Hal inilah yang nantinya akan menyebabkan daya penciuman Anda yang tengah menderita penyakit sinusitis menjadi lebih berkurang.

  1. Berkurangnya Daya Pengecap

Indera pengecap yang terbilang normal akan sangat tergantung terhadap keutuhan sensai penciuman. Oleh karena itu, jika indra penciuamn tengah dalam bermasalah, maka hal ini akan menyebabkan munurunnya atau bahkan berkurangnya fungsi dari sejumlah indra lainnya, terutama indra pengecap atau perasa.

  1. Kepala yang Terasa Nyeri

Karena adanya tekanan yang tinggi serta adanya pembengkakan yang terjadi pada daerah sinus yang terjadi secara berturut-turut terutama ketika terjadinya pilek, maka bisa menjadi bergema di seluruh bagian tenggorokan, dan hal ini kerap membuat sakit kepala. Bukan hanya di bagian kepala, rasa sakit ini juga bisa saja terjadi di sejumlah bagian yang memang tidak pernah terduga, misalkan di bagian gusi.

Nah, itulah beberapa ciri juga gejala yang di timbulkan oleh penyakit sinusitis. Prinsipnya, ketika ada sesuatu yang di rasakan oleh si kecil, yang memang dirasa ada yang tidak baik di dalam tubuhnya, sebaiknya segeralah konsultasikan kepada dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517