Kenali Gejala Gejala Asam Urat

Asam urat masuk dalam kategori gangguan kesehatan yang bersifat silent killer atau diam-diam mematikan. Pernyataan ini memang benar adanya sebab gejala dari masalah kesehatan asam urat ini pada gejala awalnya tidak begitu disadari oleg mereka yang mengalaminya. Bahkan kebanyakan menganggap bahwa gejala yang muncul sebagai gangguan kesehatan biasa saja.

Untuk mengenali gejala-gejala timbulnya asam urat yang berlebih memang diperlukan pemahaman yang mendalam dan memperbanyak informasi seputar kesehatan dari sumber terpercaya. Disamping itu Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan ahli kesehatan dan ahli penyakit dalam terutama masalah persendian.

Inilah Beberapa Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala yang timbul akibat gangguan kesehatan asam urat memang memiliki tahapan yang bervariasi. Mulai dari gejala awal, menengah dan gejala akut. Kenali gejala-gejalanya sejak awal sehingga bisa melakukan penanganan dengan lebih sigap lagi.

Gejala Umum

  • Badan merasa cepat lelah dan sering merasakan pegal-pegal
  • Intensitas buang air kecil meningkat pada pagi dan malam hari. Namun yang sering terjadi meningkat pada malam hari
  • Rasa linu dan kesemutan yang sangat parah
  • Ada juga gejala kesulitan buang air kecil jika penumpukan purin menghambat saluran kencing
  • Terasa nyeri pada beberapa bagian otot dan persendian seperti pada bagian siku, lutut, bahu, pinggang, punggung dan bagian lainnya. Disamping rasa nyeri juga seringkali timbul pembengkakan dan kemerahan.

Gejala Awal

Pada tahap awal munculnya gangguan kesehatan asam urat ini seringkali tidak begitu disadari oleh kebanyakan penderita. Asam urat hampir menyerupai kanker yang terdeteksi setelah gejala stadium lanjut. Gejala awal timbulnya asam urat ini bermula dari nyeri pada persendian beberapa hari. Kondisi seperti ini kebanyakan hanya diabaikan saja oleh penderitanya sebab dalam beberapa hari kembali hilang.

Baca Juga:  Inilah Cara Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Dalam rentan waktu 2-10 tahun maka rasa nyeri tersebut akan muncul dengan keluhan yang sama, akan tetapi akibat rentan waktu lama sehingga banyak yang selalu menganggap kejadian yang biasa. Padahal sebenarnya ini merupakan gejala awal dari timbulnya asam urat.

Gejala Menengah

Mungkin pada gejala awal tidak begitu terasa dengan jelas. Memasuki gejala pertengahan maka rasa nyeri pada persendian akan terasa lebih khas dari sebelumnya. Bahkan rasa nyeri tersebut akan timbul lebih sering. Jeda waktunya juga lebih panjang jika dibandingkan dengan sebelumnya. Nah, memasuki gejala menengah ini penderita akan mulai menyadari bahwa dirinya terkena gangguan asam urat secara serius.

Gejala Akut

Rentan waktu dalam gejala menengah kurang lebih selama 10 tahun jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat. Dalam hal ini penderita akan mengalami benjolan benjolan pada area di sekitar sendi yang akan mengalami peradangan. Benjolan tersebut disebut dengan istilah tofus yang merupakan serbuk menyerupai bubuk kapur atau kristal monosodium urat. Munculnya tofus ini menjadi penyebab kerusakan dan peradangan yang sangat fatal pada persendian dan bahkan menyebabkan kerusakan tulang.

Gejala gejala dari timbulnya asam urat memang sesuai dengan tahapan dari gejala ringan hingga gejala yang akut dan membahayakan kesehatan persendian. Untuk itu perlu penanganan yang lebih serius sehingga tidak akan menimbulkan risiko terhadap komplikasi gangguan kesehatan yang lebih serius lagi.

Sebenarnya gangguan penyakit asam urat ini bisa dicegah dengan penerapan pola-pola hidup sehat terutama pola makan sehat. Bukan menghindari makanan tertentu namun membatasi atau mengontrol pola makan dengan baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517