Kenali Gejala Gangguan Hormon Pada Wanita

Hai ladies, apakah sering mengalami sakit kepala? Gampang tersinggung? Sering terserang insomnia? Bahkan tubuh berkeringat di luar batas normal? Waspadai gejala tersebut karena bisa menjadi salah satu indikasi adanya sesuatu yang tidak beres dengan kondisi tubuh. Nah, yang akan penulis bahas kali ini mengenai gangguan hormon pada wanita dengan indikasi gejala tersebut.

Gejala yang disebutkan diatas merupakan salah satu indikasi bahwa keseimbangan hormon mengalami gangguan. Apabila keseimbangan hormon terganggu atau dengan kata lain kadar hormon sering naik turun maka jangan heran jika Anda sering mengalami gejala-gejala tersebut. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Beberapa Gejala Keseimbangan Hormon Terganggu

Sering Insomnia

Selama periode waktu antara 2 hingga 8 tahun terjadi proses perubahan kadar hormon atau disebut dengan perimenopause dan menopause, maka indung telur wanita tidak akan lagi banyak memproduksi hormon progesterone. Nah, perubahan tersebut yang menyebabkan pola tidur menjadi berantakan dan sering mengalami insomnia.

Mudah Tersinggung

Pada tahapan menopause, kadar hormon yang naik turun akan memberikan dampak langsung terhadap cara kerja otak yang mengatur emosi dan mood. Nah, kondisi tersebut akan menyebabkan wanita lebih gampang tersinggung dan marah karena keseimbangan hormon yang terganggu.

Migrain

Gejala sakit kepala dan migrain dipengaruhi oleh hormon progesterone. Seperti yang kita ketahui bahwa hormon tersebut bertugas untuk mengendalikan zat-zat kimia di otak yang menyebabkan rasa sakit. Apabila kadar estrogen menurun maka wanita akan lebih mudah terserang sakit kepala.

Berkeringat Diluar Batas Normal

Keringat berlebih yang sering dialami oleh wanita merupakan gejala perimenopause dan menopause. Setiap wanita akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Menurut hasil studi bahwa hampir 75% wanita mengalami keringat berlebih di siang hari dan malam hari selama periode perimenopause.

Selain itu menurut hasil riset lain menemukan bahwa 25 hingga 30% wanita akan mengalami gejala yang sangat serius hingga kondisi tersebut akan mempengaruhi kualitas hidupnya .

Sering Merasa Lelah

Apabila Anda sering mengalami kelelahan maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter karena kondisi tersebut bisa menjadi salah satu gejala adanya ketidakseimbangan hormon.

Gangguan Pencernaan

Keseimbangan hormon yang terganggu juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Pada masa perimenopause dan menopause maka kadar hormon estrogen akan menurun. Nah, pada waktu hormon tersebut menurun maka adrenalin akan lebih mudah untuk terpicu. Kondisi tersebut jelas akan mempengaruhi sistem pencernaan. Gejala dialami berupa perut kembung, susah BAB dan sering buang angin.

Perubahan Payudara

Hormon estrogen yang menurun akan mempengaruhi kulit menjadi kering dan tidak elastis. Kondisi tersebut menyebabkan payudara terasa lebih kencang dan keras. Bahkan pada beberapa kasus terjadi perubahan ukuran payudara. Keseimbangan hormon juga akan mempengaruhi jaringan ikat serta otot-otot pada payudara.

Bagi Anda kaum wanita yang sering mengalami gejala tersebut dan kondisinya makin memburuk, bahkan menyiksa, maka jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517