Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Leukimia

Penyakit leukemia atau kanker darah merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Namun jika penyakit tersebut terdeteksi sejak dini maka kemungkinan masih bisa dilakukan penanganan untuk mencegah kondisi yang lebih parah. Penyakit leukemia bisa menyerang kapan saja dan sulit untuk diprediksi. Salah satu ciri yang jelas terlihat yaitu menurunnya kondisi kesehatan secara drastis.

Kanker darah atau leukemia tergolong salah satu penyakit berbahaya yang bisa merenggut nyawa. Maka dari itu dalam hal ini diperlukan deteksi dini untuk mencegah kondisi yang lebih buruk. Pada dasarnya penyakit leukemia bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. HIndari semua kebiasaan yang bisa meicu penyakit tersebut dan mulailah membiasakan untuk ruitn berolahraga.

Gejala leukemia secara umum tidak menunjukan ciri-ciri yang jelas. Bahkan tidak ada gejala khas ketika penyakit tersebut menginfeksi. Namun salah satu ciri yang bisa Anda kenali yaitu ketika penderita leukemia terluka dan berdarah maka pendarahan tersebut sulit untuk dihentikan. Pada kondisi normal, luka berdarah akan cepat mengalami penggumpalan, sedangkan penderita leukemia tidak demikian.

Gejala tersebut tentunya akan menyebabkan penderita leukemia kehilangan banyak sel darah merah sehingga berakibat penyakit lainnya yaitu anemia. Selain itu, sel darah merah penderita leukemia cenderung akan terlihat merah muda bukan merah pekat.

Pada penderita leukemia stadium awal biasanya ditandai dengan pendarahan dari hidung atau mimisan. Kondisi tersebut sering terjadi bahkan ketika penderita kelelahan. Mimisan tersebut disebabkan oleh hal berbeda dengan mimisan pada orang normal. PAda penderita leukemia, mimisan akan sulit untuk dihentikan dan disertai dengan rasa pusing.

Gejala lain penyakit leukemia yaitu sering mengalami pendarahan hebat pada bagian gusi dan gigi. Pada penderita leukemia ini pendarahan akan sering terjadi dan bahkan sulit untuk dihentikan. Berbeda dengan orang yang tidak terkena penyakit leukemia, pendarahan pada gusi hanya diakibatkan oleh kekurangan vitamin C dan akan kembali membaik dengan cepat.

Penderita leukemia juga akan sering merasakan keluhan nyeri di bagian sendi atau tulang belakang. Nah, rasa nyeri tersebut biasanya akan menyebabkan penderita mengalami demam dengan suhu tinggi. Disamping itu, penderita juga sering mengeluhkan rasa sakit pada bagian perut.

Penyebab penyakit leukemia secara umum belum di ketahui dengan pasti. Namun ada beberapa penyebab yang kemungkinan meicu kanker darah terseut yaitu sebagai berikut:

  • Radiasi

Salah satu penyebab leukemia yaitu radiasi dari nuklir. Mungkin hal ini jarang sekali ditemui karena tidak banyak orang yang berhubungan atau terpapar radiasi tersebut. Kasus yang mungkin terjadi yaitu radiasi bom atom yang sempat terjadi di jepang.

  • Virus

Beberapa jenis virus yang menyebabkan infeksi penyakit leukemia yaitu retrovirus, HTLV-1 dan virus leukemia.

  • Leukemogenik

Ada beberapa zat kimia yang menjadi indikasi penyebab leukemia seperti racun lingkungan yaitu benzene, kemudian bahan industry seperti insektisida dan obat-obatan kimia lainnya.

Nah, itulah sekilas tentang penyakit leukemia. Mulailah untuk menerapkan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari sehingga Anda selalu dalam keadaan sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517