Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Mastitis Pada Ibu Menyusui

Mastitis merupakan peradangan pada payudara yang disebabkan oleh adanya infeksi. Mastitis biasanya terjadi pada ibu menyusui. Penderita mastitis akan mengalami pembengkakan payudara yang disertai dengan rasa sakit. Selain itu, bagian payudara akan mengalami perubahan warna dan peningkatan suhu lebih tinggi dari biasanya. Pada kondisi yang lebih parah biasanya ibu hamil akan menggigil dan terkenan demam.

Mastitis Pada Ibu Menyusui

Peradangan pada payudara tentunya akan mengganggu proses menyusui sehingga asupan nutrisi untuk janin akan terhambat. Pemberian ASI idealnya dilakukan secara ekslusif selama 6 bulan sehingga akan bermanfaat untuk menunjang perkembangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Selain itu, sistem pencernaan bayi pada usia 6 bulan belum berfungsi secara sempurna sehingga pemberian ASI sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi.

Pada beberapa kasus, penyakit mastitis bisa pulih dengan sendirinya. Akan tetapi penyakit tersebut harus segera diatasi supaya asupan nutrisi untuk bayi tidak terhambat. Penyakit mastitis akan menyebabkan komplikasi atau penyakit yang lainnya apabila tidak segera dilakukan pengobatan.

Penyebab Mastitis Pada Ibu Menyusui

Mastitis akan mengakibatkan produksi ASI menurun sehingga pemberian ASI akan terhenti. Hal ini tentunya akan beresiko bagi perkembangan bayi. Penyebab mastitis diantaranya yaitu proses menyusui tidak dilakukan secara teratur, setelah melahirkan tidak langsung menyusui dan mempunyai riwayat penyakit mastitis sebelumnya. Selain itu, mastitis juga bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri atau jamur pada payudara.

Faktor lain yang menyebabkan mastitis pada ibu menyusui yaitu adanya penumpukan air susu pada payudara akibat dari posisi menyusui yang salah atau proses penyapihan yang terlalu dini. Posisi tidur yang salah sehingga mengakibatkan payudara tertekan adalah salah satu penyebab terjadinya peradangan pada payudara.

Gejala Mastitis Yang Dirasakan Oleh Ibu Menyusui

Wanita yang terkena mastitis biasanya akan mengalami gejala mudah lelah, lesu dan demam. Gejala lain dari mastitis yaitu mual, muntah dan badan terasa pegal-pegal. Payudara akan mengalami perubahan warna dan terjadi pembengkakan yang disertai rasa sakit. Apabila mastitis sudah parah maka payudara akan mengeluarkan nanah dan terjadi pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian ketiak. Bagi ibu menyusui yang mendapati tanda-tanda tersebut sebaiknya segera melakukan pemeriksaan supayan dapat dialkukan penanganan sehingga tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Pencegahan dan Penanganan Mastitis Pada Ibu Menyusui

Mastitis atau peradangan pada payudara bisa dicegah dengan cara menyusui bayi secara rutin dan teratur. Ketika payudara terasa penuh maka sebaiknya Anda mengeluarkan air susu tersebut dengan cara diperah atau memberikan langsung pada bayi. Hal ini untuk menghindari penumpukan ASI pada payudara yang bisa memicu terjadinya peradangan.

Ketika membersihkan putting setelah menyusui sebaiknya tidak menggunakan sabun karena bisa memicu iritasi. Untuk membersihkan putting sebaiknya menggunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat dan dikeringkan dengan kain bersih.

Ibu menyusui sebaiknya menggunakan bra yang tidak terlalu ketat untuk menghindari tekanan pada payudara. Selain itu bra yang digunakan harus berbahan dasar kain yang bisa menyerap keringat supaya payudara tidak lembab.

Perawatan mastitis pada ibu menyusui bisa dialkukan dengan cara menghilangkan sumbatan pada saluran air susu. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menyusui bayi secara rutin. Hal ini akan meringankan rasa sakit dan pembengkakan pada payudara. Selain itu, untuk menghilangkan rasa sakit bisa dengan cara mengompres bagian payudara dengan air es. Supaya lebih aman dan tidak menimbulkan komplikasi sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517