Kenali Gejala Awal Keguguran Pada Ibu Hamil Muda

Keguguran merupakan salah satu hal yang paling ditakuti dan dikhawatirkan oleh ibu hamil. Keguguran bisa menjadi hal yang paling menyakitkan dan meninggalkan trauma mendalam bagi wanita. Pengertian keguguran secara medis yaitu terhentinya perkembangan janin pada minggu ke-20 atau sebelumnya. Pada kebanyakan kasus, banyak ibu hamil yang tidak mengetahui gejala keguguran sejak awal. Keguguran baru disadari setelah kondisinya benar-benar sudah parah dan janin tidak bisa diselamatkan.

Persentase keguguran pada ibu hamil yaitu sebesar 15% – 40% dan 70% keguguran terjadi sebelum usia kehamilan menginjak 3 bulan. Keguguran sangat jarang terjadi setelah usia kehamilan menginjak 20 minggu. Maka dari itu, dalam hal ini diperlukan pengetahuan mengenai gejala awal keguguran sehingga tidak akan membahayakan ibu hamil.

Sebelum terjadinya keguguran, biasanya akan menunjukan tanda-tanda adanya gangguan pada kehamilan. Tanda-tanda tersebut sebagai gejala keguguran pada hamil muda. Lalu apa saja tanda-tanda keguguran yang bisa dikenali? Berikut ini penjelasan lebih rincinya.

  1. Pendarahan

Gejala paling umum dari keguguran yaitu terjadi pendarahan. Pada awal-awal biasanya hanya berupa bercak-bercak yang keluar terus menerus hingga terjadi pendarahan hebat. Untuk memastikan hal tersebut segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Nyeri pada bagian bawah perut

Rasa sakit pada bagian bawah perut bisa menjadi indikasi keguguran jika berlangsung cukup lama. Biasanya rasa sakit tersebut juga akan dirasakan pada bagian selangkangan, panggul dan area alat kelamin. Pada kebanyakan kasus, rasa sakit tersebut berlangsung hingga beberapa hari sebelum akhirnya terjadi pendarahan.

  1. Kram perut

Kram perut yang merupakan gejala awal keguguran hampir mirip dengan kram perut pada awal datang bulan. Kondisi tersebut biasanya akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Selain itu kram biasanya akan dirasakan di sekitar panggul.

  1. Keluar cairan dari vagina

Cairan yang tidak biasa dari vagina bisa menjadi indikasi gejala keguguran. Pada beberapa kondisi, adanya gumpalan darah yang keluar dari vagina. Cairan yang keluar terkadang menyebabkan rasa gatal dan iritasi.

  1. Hilangnya gejala kehamilan

Tanda keguguran yang selanjutnya yaitu hilangnya gejala kehamilan yang sebelumnya dirasakan. Salah satunya yaitu hilangnya tanda kehamilan seperti nyeri pada payudara yang dirasakan sebelumnya. Hilangnya tanda kehamilan tersebut karena tingkat hormone menurun.

  1. Sakit punggung

Sakit punggung yang dirasakan dalam waktu yang cukup lama disertai dengan pendarahan dari vagina. Kondisi tersebut menjadi gejala awl keguguran.

Itulah gejala awal kehamilan yang bisa Anda kenali dan perlu diwaspadai. Untuk mencegah terjadinya keguguran bukan perkara yang susah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi untuk menutrisi janin dan memperkuat kondisi janin. Selain itu, hindari hal-hal yang bisa membahayakan kehamilan.

Related Posts

Share This