Kenali Gejala Awal Kanker Lidah

Jika berbicara tentang kanker memang sangat mengerikan. Jenis penyakit ini bisa menyerang siapa saja dengan jenis kanker yang berbeda. Munculnya kanker bisa disebabkan oleh banyak hal terutama kebiasaan dan pola hidup sehari-hari yang tidak terkontrol. Disamping itu juga pertumbuhan sel kanker bisa berasal dari beberapa zat yang terdapat dalam makanan. Misalnya saja zat pengawet, pewarna, pemanis buatan dan sebagainya.

Maka dari itu, untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang berbahaya sebaiknya mulai menerapkan pola hidup sehat saat ini juga. Jangan sampai kesehatan tubuh Anda terganggu akibat kebiasaan yang hanya memberikan kesenangan sementara. Mulailah berlaku hidup sehat untuk hidup yang lebih baik, saat ini dan selamanya.

Waspada Dengan Gejala Awal Kanker Lidah

Salah satu jenis kanker yang berbahaya dan mematikan adalah kanker lidah. Jenis kanker yang satu ini seringkali tanpa disadari dan hanya dianggap sebagai sariawan biasa saja. Padahal sebenarnya ini adalah gejala kanker yang sangat berbahaya.

Timbulnya kanker lidah ini bisa disebabkan oleh banyak hal yang berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan rongga mulut. Disamping itu, kebiasaan seperti minum minuman beralkohol, merokok dan jarang membersihkan mulut adalah salah satu penyebab kuat timbulnya sel-sel kanker. Awalnya berasal dari infeksi namun berkembang menjadi gangguan kesehatan yang lebih parah.

Jika masih dalam stadium yang rendah atau stadium awal maka kanker lidag bisa ditangani dengan baik. Hal ini bisa melalui penanganan operasi untuk menghilangkan sel-sel kanker tersebut. Namun, jika kondisi kanker sudah semakin parah maka dokter akan memberikan penanganan dengan melakukan tindakah operasi yang lebih serius untuk mengangkat sel-sel kanker.

Lalu apa saja gejala awal dari kanker lidah? Perhatikan beberapa poin penting berikut ini terkait kanker lidah yang perlu untuk diwaspadai!

  1. Gejala awal dari kanker lidah yang perlu untuk diketahui yaitu munculnya bercak putih atau merah pada bagian lidah. Kondisinya hampir sama dengan gejala sariawan sehingga terkadang banyak yang mengabaikannya. Seiring dengan berjalannya waktu maka akan terus berkembang menjadi lebih besar dank eras. Ini sebaiknya segera ditangani oleh medis yang berpengalaman.
  2. Gejala lainnya yaitu rasa sakit pada bagian tenggorokan sakit saat menelan makanan.
  3. Bagian bercak putih atau merah yang terdapat pada lidah terasa lunak dan sangat mudah sekali timbul darah. Pendarahan ini akan terjadi saat makan atau minum.
  4. Lidah seperti mati rasa seiring dengan berkembangnya kanker tersebut. Bahkan pada sebagian pasien mengalami kesulitan untuk membuka mulutnya.
  5. Disamping itu, sebagian orang yang mengalami kanker lidah ini juga menderita sakit pada telinga dan ada benjolan pada bagian belakang telinga.
Baca Juga:  Jenis Makanan Penurun Asam Urat

Nah, demikian beberapa gejala awal dari kanker lidah yang sangat berbahaya sekali. Waspada dengan kanker lidah ini jangan sampai berkembang menjadi gejala kanker yang lebih berbahaya. Seperti halnya kanker lainnya, kanker lidah juga sangat mematikan sekali jika terus menerus dibiarkan. Sebaiknya segera tangani secara medis.

Untuk mencegah timbulnya kanker lidah sebaiknya lakukan pola hidup sehat dengan rajin sikat gigi, menjaga kebersihan mulut, konsumsi makan sehat dan bergizi terutama yang kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi penting lainnya. Jika kebersihan mulut terjaga dengan baik maka hal ini akan sangat bermanfaat sekali untuk mencegah penyakit kanker lidah yang akan sangat membahayakan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517